5 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Indah Ini Bakal Segarkan Rumah

Image title
24 November 2021, 23:48
Ilustrasi creeping cherry sebagai salah satu jenis tanaman hias gantung
Depositphotos.com
Ilustrasi creeping cherry sebagai salah satu jenis tanaman hias gantung

Perkembangan tanaman hias selama pandemi Covid-19 cukup tinggi. Banyak toko maupun pasar tanaman hias yang mengalami kenaikan pesanan. Bahkan tidak hanya pada tanamannya saja, namun juga aspek benda lain yang berkaitan terhadap tanaman hias seperti, pot, pupuk hingga nutrisi penguat perkembangan tanaman.

Ada beragam tanaman hias yang bisa diletakkan di rumah dan menjadi penyegar ruangan. Salah satunya adalah tanaman gantung yang selain indah untuk dipandang namun juga membuat rumah terasa lebih sejuk. Dilansir dari situs 99.co, berikut lima rekomendasi tanaman hias gantung yang bisa dicoba untuk dirawat di rumah.

5 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung, Mudah dan Murah Dirawat

1. Dischidia Geri

Tanaman hias gantung pertama adalah dischidia geri. Secara kasat mata, tanaman ini dapat dinikmati lewat keindahan daunnya yang kecil-kecil dan tumbuh rapat menjuntai dari atas ke bawah. Warna daunnya hijau muda, semuanya terlihat segar. Dischidia geri bisa Anda taruh di dalam rumah, selain itu tanaman ini juga tetap indah apabila diletakkan di luar rumah, seperti di halaman, bagian depan atau belakang rumah.

Apabila Anda menaruh tanaman ini di dalam rumah, Anda bisa menaruhnya di pot dengan cara digantung pada jendela kamar. Selain itu, bisa juga di taruh di jendela ruangan yang mengarah ke teras dan halaman Anda. Tanaman ini akan terasa sangat pas untuk menghiasi jendela.

2. Tradescantia

Rekomendasi tanaman hias gantung selanjutnya adalah Tradescantia. Tanaman ini sejatinya memiliki beberapa varian., seperti tradescantia fluminensis, tradescantia pallida, tradescantia sillamontana dan Tradescantia Spathacea. Masing-masing varian memiliki keunggulan dan keunikan sebagai tanaman hias.

Dalam proses perawatan, tanaman tradescantia menyukai kelembapan, namun bukan berarti bisa disiram secara berlebih atau terlalu banyak. Sebab, akar tanaman ini juga mudah membusuk jika akarnya terlalu banjir. Sebaiknya tradescantia ditanam pada media tanam campuran humus, tanah dan pasir, serta memiliki lubang drainase yang cukup.

Penting juga untuk dicatat, bahwa pada saat musim panas tanaman ini membutuhkan penyiraman yang lebih dari biasanya. Sebaliknya pada musim dingin, Anda bisa mengurangi takaran penyiraman dari jarang hingga sedang. Anda juga bisa memperkaya tanah dengan nutrisi atau pupuk setiap dua kali dalam sebulan.

Tips selanjutnya untuk membuat tanaman tetap memiliki daun yang rimbun, adalah dengan rutin memangkas batang yang memanjang. Pisahkan atau potong dengan memakai gunting atau hanya dengan memetiknya, karena batang tanaman hias gantung ini memiliki batang lunak. Dengan melakukan pemangkasan tepat waktu, Anda dapat mempertahankan bentuk bunga.

3. Dischidia Nummularia Variegata

Rekomendasi tanaman hias gantung selajutnya jatuh kepada Dischidia Nummularia Variegata. Meski namanya cukup rumit untuk dilafalkan, namun tanaman ini banyak dibudidayakan oleh pecinta tanaman hias karena selain cantik tanaman ini juga mudah dalam perawatannya, tanaman ini cocok menempati ruangan tertutup di rumah Anda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...