16 Tanaman Gantung yang Bisa Mempercantik Rumah

Siti Nur Aeni
1 Desember 2021, 19:17
Contoh tanaman gantung
pixabay.com
Contoh tanaman gantung

Tanaman gantung bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memelihara tanaman namun tidak memiliki lahan yang cukup. Tanaman ini bisa ditempatkan di lahan sempit bahkan di dalam ruangan.

Kehadiran tanaman ini membuat pemandangan menjadi lebih indah dan segar. Tak hanya itu, tanaman juga dapat membuat kualitas udara di lingkungan tersebut lebih sehat. Sebab tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.

Advertisement

Untuk Anda yang ingin memelihara tanaman hias gantung, berikut ini kami berikan rekomendasinya.

1. Oxalis Triangularis

Rekomendasi tanaman hias gantung yang pertama yaitu oxalis triangularis. Tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya. Daun tanaman hias ini akan terbuka saat siang hari dan menutup di malam hari.

Bentuk daunnya segitiga sehingga sangat unik dan berbeda dengan tanaman lain. Selain daunnya, tanaman ini juga memiliki bunga yang cantik. Sehingga cocok untuk menjadi hiasan di dalam ruangan.

2. English Ivy

Rekomendasi lainnya yaitu english ivy. Tanaman ini memiliki daun yang menjuntai ke bawah dari keranjang gantung. English ivy ini merupakan tanaman hias gantung outdoor yang biasanya diletakkan di teras.

Tanaman ini akan membuat teras Anda lebih segar. English ivy membutuhkan cahaya dengan intensitas sedang. Maka dari itu, meskipun diletakan di ruang terbuka, sebaiknya tempatkan tanaman ini di tempat yang teduh.

Untuk merawatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiram tanaman jika media tanamanya sudah benar-benar kering.

3. Spider Plant

Tanaman hias lainnya yang bisa Anda tempatkan di ruangan yaitu spider plant. Meskiun demikian, Anda harus memperhatikan intensitas cahaya ruangan tersebut. Sebab tanaman ini butuh cahaya agar bisa tumbuh dengan baik.

Spider plant sangat cocok untuk mengisi ruangan kosong di rumah. Tanaman hias ini membuat ruangan lebih segar dan indah.

4. Ripple Peperomia

Ripple peperomia juga menjadi tanaman gantung yang bermanfaat untuk memperindah ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk daun seperti hati dengan warna yang menarik mulai dari hijau, merah, abu-abu hingga cream.

Tanaman ini juga cocok diletakkan di luar ruangan dan bisa membuat teras Anda lebih menarik untuk dipandang.

5. Bunga Lobelia

Bunga lobelia merupakan tanaman hias gantung yang mudah di rawat. Namun ketika Anda hendak menanam bunga ini, pastikan menanam di media yang subur. Untuk menanamnya cukup mudah, Anda hanya perlu menabur benih ke atas media tanah. Lalu tunggu sampai bunga ini tumbuh.

Bunga lobelia menjadi tanaman hias gantung outdoor yang bisa ditempatkan di teras. Warnanya yang cerah membuat pemandangan semakin indah.

6. Bunga Geranium

Tanaman hias lainnya yaitu bunga geranium. Bunga ini merupakan tanaman gantung yang bermanfaat untuk mengurangi nyamuk.

Bunga geranium memerlukan lingkungan dengan cuaca yang sejuk. Sehingga untuk Anda yang tinggal di daerah sejuk, bisa menjadikan tanaman ini sebagai hiasan. Namun untuk Anda yang tinggi di daerah tropis, maka perlu memperhatikan kelembapan tanaman.

Caranya yaitu dengan rajin menyiram tanaman. Sementara itu, untuk meningkatkan kesuburan tanaman Anda juga perlu memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya.

7. Heart Leaf Philodendron

Heart leaf philodendron juga merupakan tanaman gantung yang cocok menjadi hiasan teras. Tanaman hias ini memiliki daun berbentuk waru yang cantik. Tanaman ini berfungsi untuk menyerap polutan sehingga akan membuat udara lebih bersih dan sejuk.

Tanaman ini juga mudah tumbuh dengan subur. Perawatan tanaman ini juga tidak sulit, sehingga untuk para pemula tidak akan kesulitan memelihara tanaman ini.

8. Sedum Morganianum

Tanaman gantung berikutnya yaitu sedum morganianum. Tanaman ini mirip seperti kaktus, sehingga membutuhkan cahaya matahari dengan intensitas cahaya tinggi.

Sedum morganianum sangat mudah dirawat, Anda bahkan tidak perlu terlalu sering menyiram. Meskipun demikian, tanaman ini dirasa kurang menarik sebab warnanya pucat dan kurang menonjol seperti tanaman hias lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement