16 Tanaman Gantung yang Bisa Mempercantik Rumah

Tanaman gantung bisa menjadi pilihan untuk mendekorasi rumah. Tanaman tersebut akan memberikan kesan asri dan segar. Ada beberapa jenis tanaman gantung bisa Anda pelihara, berikut daftarnya.
Image title
1 Desember 2021, 19:17
Contoh tanaman gantung
pixabay.com
Contoh tanaman gantung

Tanaman gantung bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memelihara tanaman namun tidak memiliki lahan yang cukup. Tanaman ini bisa ditempatkan di lahan sempit bahkan di dalam ruangan.

Kehadiran tanaman ini membuat pemandangan menjadi lebih indah dan segar. Tak hanya itu, tanaman juga dapat membuat kualitas udara di lingkungan tersebut lebih sehat. Sebab tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.

Untuk Anda yang ingin memelihara tanaman hias gantung, berikut ini kami berikan rekomendasinya.

1. Oxalis Triangularis

Rekomendasi tanaman hias gantung yang pertama yaitu oxalis triangularis. Tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya. Daun tanaman hias ini akan terbuka saat siang hari dan menutup di malam hari.

Advertisement

Bentuk daunnya segitiga sehingga sangat unik dan berbeda dengan tanaman lain. Selain daunnya, tanaman ini juga memiliki bunga yang cantik. Sehingga cocok untuk menjadi hiasan di dalam ruangan.

2. English Ivy

Rekomendasi lainnya yaitu english ivy. Tanaman ini memiliki daun yang menjuntai ke bawah dari keranjang gantung. English ivy ini merupakan tanaman hias gantung outdoor yang biasanya diletakkan di teras.

Tanaman ini akan membuat teras Anda lebih segar. English ivy membutuhkan cahaya dengan intensitas sedang. Maka dari itu, meskipun diletakan di ruang terbuka, sebaiknya tempatkan tanaman ini di tempat yang teduh.

Untuk merawatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiram tanaman jika media tanamanya sudah benar-benar kering.

3. Spider Plant

Tanaman hias lainnya yang bisa Anda tempatkan di ruangan yaitu spider plant. Meskiun demikian, Anda harus memperhatikan intensitas cahaya ruangan tersebut. Sebab tanaman ini butuh cahaya agar bisa tumbuh dengan baik.

Spider plant sangat cocok untuk mengisi ruangan kosong di rumah. Tanaman hias ini membuat ruangan lebih segar dan indah.

4. Ripple Peperomia

Ripple peperomia juga menjadi tanaman gantung yang bermanfaat untuk memperindah ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk daun seperti hati dengan warna yang menarik mulai dari hijau, merah, abu-abu hingga cream.

Tanaman ini juga cocok diletakkan di luar ruangan dan bisa membuat teras Anda lebih menarik untuk dipandang.

5. Bunga Lobelia

Bunga lobelia merupakan tanaman hias gantung yang mudah di rawat. Namun ketika Anda hendak menanam bunga ini, pastikan menanam di media yang subur. Untuk menanamnya cukup mudah, Anda hanya perlu menabur benih ke atas media tanah. Lalu tunggu sampai bunga ini tumbuh.

Bunga lobelia menjadi tanaman hias gantung outdoor yang bisa ditempatkan di teras. Warnanya yang cerah membuat pemandangan semakin indah.

6. Bunga Geranium

Tanaman hias lainnya yaitu bunga geranium. Bunga ini merupakan tanaman gantung yang bermanfaat untuk mengurangi nyamuk.

Bunga geranium memerlukan lingkungan dengan cuaca yang sejuk. Sehingga untuk Anda yang tinggal di daerah sejuk, bisa menjadikan tanaman ini sebagai hiasan. Namun untuk Anda yang tinggi di daerah tropis, maka perlu memperhatikan kelembapan tanaman.

Caranya yaitu dengan rajin menyiram tanaman. Sementara itu, untuk meningkatkan kesuburan tanaman Anda juga perlu memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya.

7. Heart Leaf Philodendron

Heart leaf philodendron juga merupakan tanaman gantung yang cocok menjadi hiasan teras. Tanaman hias ini memiliki daun berbentuk waru yang cantik. Tanaman ini berfungsi untuk menyerap polutan sehingga akan membuat udara lebih bersih dan sejuk.

Tanaman ini juga mudah tumbuh dengan subur. Perawatan tanaman ini juga tidak sulit, sehingga untuk para pemula tidak akan kesulitan memelihara tanaman ini.

8. Sedum Morganianum

Tanaman gantung berikutnya yaitu sedum morganianum. Tanaman ini mirip seperti kaktus, sehingga membutuhkan cahaya matahari dengan intensitas cahaya tinggi.

Sedum morganianum sangat mudah dirawat, Anda bahkan tidak perlu terlalu sering menyiram. Meskipun demikian, tanaman ini dirasa kurang menarik sebab warnanya pucat dan kurang menonjol seperti tanaman hias lain.

Namun bentuknya yang untik bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin menjadikan sedum morganianum sebagai tanaman hias.

9. Tradescantia

Tradescantia merupakan tanaman hias gantung lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan rumah. Tanaman ini memiliki daun dengan corak garis-garis dan warna yang beragam seperti putih, ungu, dan hijau.

Tanaman ini bisa tumbuh diberbagai kondisi lingkungan. Namun saat memelihara tanaman ini, pastikan untuk menjaga akar tanaman tetap sehat. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di teras atau tempat dengan intensitas cahaya tinggi.

10. Sirih Marble

Sirih marble juga bisa menjadi pilihan untuk menghias ruangan di rumah Anda baik indoor atau outdoor. Tanaman ini cocok untuk seluruh desain rumah.

Sirih marble juga mudah beradaptasi meskipun tidak ada sinar matahari. Sehingga cocok menjadi tanaman hias gantung outdoor.

11. Dischidia Geri

Tanaman hias gantung selanjutnya yaitu dischidia geri. Tanaman ini memiliki bentuk menjuntai panjang. Sehingga sangat cocok untuk mengisi ruangan agar tetap asri dan segar.

12. Bird Nest Fern

Bird nest fern juga merupakan tanaman gantung yang cocok untuk dijadikan hiasan rumah. Di alam liar, tanaman ini biasanya hidup dengan cara menempel pada tanaman lain. Asalnya dari hutan hujan tropis, sehingga tanaman ini akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembap.

Maka dari itu, ketika ingin memelihara tanaman ini, pastikan Anda mengatur kelembapan lingkungan tempat tumbuhnya. Sebab saat bird nest fern terpapar sinar matahari terlalu banyak, daunnya bisa terlihat kusut dan membuat penampilannya menjadi kurang menarik.

13. Hoya Carnosa

Hoya Carnosa merupakan tanaman yang tersebar di berbagai negara mulai dari India, Burma, hingga Tiongkok. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik. Saat malam hari, aroma bunga hoya carnosa mirip dengan cokelat.

Daunnya halus dan tebal. Batangnya saling berlawanan. Anda bisa menempatkan tanaman ini di area yang mendapat sinar matahari cukup. Sebab bunga hoya carnosa selalu menghadap ke cahaya yang lebih terang.

14. Petunia

Tanaman petunia juga bisa Anda pilih untuk menghiasi rumah Anda. Keunikan tanaman ini ada pada bunganya. Bentuk bunga petunia menyerupai terompet dengan warna yang cantik seperti merah, putih, kuning pucat. Biru, dan ungu tua.

Bunga tanaman ini ada dua macam yakni bunga dengan mahkota tunggal dan ganda. Cabang bunga sangat lemah sehingga secara fisik tanaman ini tidak bisa berdiri dengan tegak. Maka dari itu, pertumbuhan tanaman ini menjuntai ke bawah.

Tangkai daun petunia pendek hanya berkisar 5-10 cm dengan lebar 4-6 cm. Karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, bunga ini cocok untuk dekorasi di tempat yang sempit.

Meski demikian, Anda harus meletakan bunga ini di luar rumah. Sebab petusia membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tinggi agar bisa tumbuh dengan baik.

15. Trailing Jade

Trailing jade merupakan tanaman sukulen dengan daun tebal. Bentuk daunnya unik karena menyerupai sendok dengan batang tipis. Tanaman ini berasal dari Tanzania dan Kenya, namun saat ini sudah mudah didapatkan dimana saja.

Tanaman gantung ini memiliki akar yang kecil, sehingga tidak perlu di siram secara belebihan. Jika kelebihan air justru akan membuat tanaman ini mati.

Trailling jadi sangat cocok untuk menghiasi rumah dengan desain minimalis. Sebab tanaman ini memberikan kesan minimalis, sederhana, dan anggun.

16. Chenille Plant

Chenille plant atau ekor kucing menjadi tanaman gantung berikutnya yang kami rekomendasikan. Tanaman ini memiliki keunikan dari bentuk bunganya.

Bunga chenille plant berwarna merah dan bulu. Namun sebenarnya bunga tersebut merupakan kumpulan putik. Bentuknya sedikit memanjang sehingga menyerupai ekor kucing.

Sementara itu daun tanaman ini berukuran besar, lonjong, dan memiliki warna hijau cerah. Tanaman ekor kucing ini bisa tumbuh dengan cepat dan sangat panjang.

Maka dari itu, Anda harus rajin memangkas bagian tanaman yang tidak perlu untuk memicu pertumbuhan baru. Pemangkasan juga diperlukan agar tanaman tetap sehat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait