10 Manfaat Bunga Lavender dan Tips Menanamnya agar Tidak Layu

Anggi Mardiana
23 November 2022, 21:07
Manfaat Bunga Lavender
Freepik
Ilustrasi, bunga lavender.

Banyaknya manfaat bunga lavender menjadi salah satu alasan orang lain menanamnya. Bunga lavender dikenal sebagai tanaman hias dengan wangi dan warna yang khas. Untuk merawatnya tidak terlalu sulit karena perawatan yang diperlukan terbilang minim.

Sebelum mulai menanam bunga lavender, ketahui terlebih dahulu lingkungan seperti apa yang cocok untuk menanam tanaman hias ini. Agar tidak salah ketika menanamnya, ada beberapa tips yang perlu diketahui.

Advertisement

Manfaat Bunga Lavender

Mengutip m.floweradvisor.co.id, ada sejumlah manfaat bunga lavender, berikut di antaranya:

1. Mengurangi Nyeri Luka

Bunga lavender memiliki kandungan antiseptic dan anti inflamasi sehingga bisa membantu proses penyembuhan luka. Anda cukup meneteskan minyak lavender di area luka untuk meredakan nyeri.

2. Detoks Alami Kulit

Ekstrak bunga lavender dipercaya bisa mengatasi iritasi kulit dan memberikan kelembaban. Ini karena ekstrak bunga lavender memiliki sifat anti bakteri. Selain itu, bunga lavender memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk proses penyembuhan jerawat.

3. Mengusir Nyamuk

Manfaat bunga lavender selanjutnya bisa mengusir nyamuk sehingga tidak asing bagi sejumlah masyarakat. Lavendula banyak dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan obat nyamuk atau krim oles. Dengan begitu, penggunanya bisa terhindar dari gigitan nyamuk.

4. Relaksasi

Minyak lavender memiliki sensasi menyegarkan terutama untuk otot yang kelelahan. Anda bisa menggunakannya sebagai minyak pijat atau ditambahkan ke dalam air untuk berendam. Selain itu, bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavendula untuk aroma terapi.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat bunga lavender selanjutnya bisa meningkatkan kualitas tidur sehingga tidak mengganggu aktivitas esok hari. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari insomnia yang mana cukup mengganggu suasana hati dan sistem kekebalan tubuh jika dibiarkan.

6. Mengurangi Kecemasan

Menanam bunga lavender di halaman rumah dipercaya bisa mengurangi stress. Sebab bunga lavender bisa menenangkan saraf dan mengurangi rasa cemas. Tidak hanya itu, bunga lavender mampu meredakan gejala migrain dan depresi.

7. Mengatasi Masalah Rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah pada rambut seperti ketombe atau rontok maka bisa menggunakan ekstrak lavender. Dengan menggunakan bunga lavender, rambut bisa tumbuh cepat dan lebih tebal.

8. Meredakan Mual

Bagi Anda yang tengah mengandung, manfaat bunga lavender mampu meredakan mual. Sebab bunga lavender memiliki aroma yang menenangkan. Bunga lavender juga cocok digunakan oleh ibu hamil yang mengalami kecemasan atau sakit fisik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement