Memahami Unsur - unsur Puisi, Intrinsik dan Ekstrinsik

Destiara Anggita Putri
29 November 2022, 14:52
Unsur - unsur Puisi
Unsplash
Ilustrasi, puisi.

Bagi beberapa orang, menulis puisi merupakan media yang tepat untuk mengekspresikan perasaan dan isi hati. Puisi memiliki pengertian yang bervariasi. Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik, dan bait. 

Sedangkan menurut salah seorang ahli, Sumardi, seperti dikutip dari buku Sastra Indonesia, puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi padu dan pemilihan kata yang imajinatif. 

Dalam pembuatan puisi terdapat unsur - unsur puisi yang perlu diperhatikan yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Hal ini diperlukan untuk membangun puisi dari dalam dan luar sehungga puisi bisa menjadi indah.

Bisa dibillang, puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang disusun dalam bentuk rangkaian kata yang memiliki makna dan saling terhubung satu sama lain.

Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat di dalam karya sastra (puisi). Terdapat dua unsur dalam unsur intrinsik yaitu, unsur batin dan unsur fisik. Simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

1. Unsur Batin

Unsur batin adalah unsur yang membahas struktur non-fisik pada puisi. Terdapat empat unsur dalam unsur batin yaitu tema, rasa, nada, dan amanat. Berikut pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

  • Tema

Tema adalah unsur utama yang dalam puisi karena merupakan pokok pikiran dasar untuk membuat dan mengemangakn puisi. Tema juga bisa membantu menyampaikan pesan yang  ingin diungkapkan oleh penyair.

  • Rasa

Unsur berikutnya adalah rasa yang merupakan sikap, ungkapan, atau ekspresi penyair terhadap suatu masalah yang dituangkan ke dalam puisi. Rasa berkaitan erart dnegan latar belakang sosial dan psikologi penyair seperti pendidikan, agama, jenis kelamin, status sosial. dan lain-lain.

  • Nada

Nada adalah sikap penyair terhadap pembaca yang memiliki kaitan erat dengan suasana, makna, dan rasa. Unsur ini dapat membantu penyair membacakan puisinya dengan berbagai nada.

  • Amanat

Amanat adalah pesan atau yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca atau audiens melalui puisinya. Amanat ini bisa diperoleh baik secara tersurat maupun tersirat

2. Unsur Fisik

Unsur fisik adalah unsur yang membahas bentuk fisik atau bentuk yang tampak pada puisi. Ada enam unsur yang terdapat dalam unsur fisik yaitu

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara penyair dalam menggunakan rangkaian kata untuk mengungkapkan sesuatu dalam puisinya. Setiap penyair memiliki  gaya bahasa masing-masing.

Biasanya, hal ini bisa dilihat dari majas-majas yang sering digunakan yaitu majas metafora, majas personifikasi, majas eufimisme, atau bahkan majas ironi,

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...