5 Manfaat Motor Listrik serta Cara Merawatnya

Destiara Anggita Putri
30 November 2022, 20:36
Manfaat Motor Listrik
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Ilustrasi, motor listrik.

Pemerintah berencana memberikan pembelian motor listrik sebesar Rp 6,5 juta per unit sehingga harganya lebih terjangkau oleh masyarakat. Saat ini, setidaknya sudah ada delapan motor listrik yang bisa dibeli dan mengaspal di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut binsar Pandjaitan mengatakan,  insentif dibutuhkan untuk mengembangkan industri motor dan mobil listrik di Indonesia. Pemerintah berambisi memproduksi motor listrik mencapai 1,2 juta unit dan mobil listrik sebanyak 75.000 unit pada 2024.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mulai mempertimbangkan untuk memiliki motor listrik. Kendaran ini masih tergolong baru dan belum banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Motor listrik memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Manfaat Motor Listrik

Motor listrik memiliki lima manfaat yang membuatnya layak dibeli dan dimiliki untuk beraktivitas sehari-hari. Berikut penjelasan masing-masing manfaatnya di bawah ini.

1. Ramah Lingkungan

Banyak penduduk di Indonesia terutama Jakarta mengandalkan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor untuk menunjang kegiatan sehari-hari.  Semakin banyak orang yang memakai kendaraan pribadi tentunya akan membuat polusi udara semakin banyak pula. 

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi yaitu menggunakan transportasi umum atau motor listrik. Pilihan kedua tentunya lebih baik karena motor listrik merupakan jenis kendaraan.yang bersifat ramah lingkungan. 

Hal dikarenakan kendaraan ini menggunakan teknologi listrik dan tidak mengeluarkan emisi gas yang menjadi penyebab pencemaran udara.  Selain itu, motor listrik juga mendapatkan energi baterai di sekitaran rumah atau kantor.

Dengan demikian, kendaraan ini tidak akan mengeluarkan asap dari knalpot sehingga tidak akan ada karbondioksida tambahan

2. Irit Bahan Bakar

Manfaat lainnya dari motor listrik adalah irit bahan bakar. Penggunaan motor konvensional pada umumnya mengeluarkan lebih banyak bahan bakar. Namun, menggunakan motor listrik jauh lebih irit bahan bakar. Hal ini dikarenakan dengan sekali pengisian baterai, Anda sudah bisa menempuh puluhan kilometer dengan kendaraan ini.

Walaupun bukan tipe motor yang bisa digunakan untuk touring antar kota, namun setidaknya Anda bisa menggunakannya ke kantor. Bila Anda ingin bepergian dengan motor listrik, Anda perlu mengisi baterainya terlebih dahulu. Pada beberapa motor listrik, Anda hanya perlu mengisi baterai pun layaknya mengisi baterai HP.

Namun ada juga motor listrik yang menggunakan dua sumber tenaga yaitu hakan bakar minyak dan listrik. Dengan memiliki jenis motor listrik ini, Anda justru bisa lebih menghemat pengeluaran untuk bahan bakar. 

3. Perawatan Mudah dan Murah 

Dibandingkan dengan motor konvensional, perawatan motor listrik justru lebih mudah dan murah. Hal ini dikarenakan jumlah komponen motor listrik lebih sedikit sehingga biaya perawatannya juga kan lebih sedikit.  

Anda hanya perlu mengisi daya berarti serta melumasi bagian-bagian bergerak yang ada di dalam motor seperti rantai dan stang. Walaupun perawatan sama dengan motor konvensional namun hal ini lebih mudah dilakukan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...