5 Pilhan Buah yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Destiara Anggita Putri
1 Desember 2022, 16:01
Buah yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung
Unsplash
Ilustrasi, buah-buahan.

Pada umumnya, penderita asam lambung atau GERD akan mengalami sejuumlah sejumlah gejala seperti sensasi terbakar pada perut, dada, dan tenggorokan atau heartburn. Hal ini terjadi dikarenakan ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. 

Untuk mencegah hal ini sering terjadi, penderita asam lambung perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Salah satunya, adalah memperhatikan konsumsi buah.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Ini dikarenakan kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan tersebut dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Bila Anda juga menderita kondisi yang sama, berikut ini informasi lima pilihan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan asam yang rendah yaitu dengan kadar pH sekitar 4,5 - 5,2.

Dengan kandungan asam ini pisang dipercaya dapat membantu menetralisir asam lambung serta meringankan gejala maag. Buah ini juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumat sehingga membantu memulihkan fungsi lambung.

Manfaat lain dari buah pisang adalah mencegah kemungkinan terjadinya iritasi akibat naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan pisang yang telah ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan dapat membentuk lapisan pelindung kerongkongan.

Selain mengandung asam rendah, pisang juga mengandung potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien yang dibutuhkan tubuh.Kandungan sertanya yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung.

Kandungan lain pada buah pisang seperti kalium, elektrolit, dan vitamin B6 juga baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Bila Anda  ingin mengkonsumsi buah ini, ada berbagai jenis pisang yang bisa dikonsumsi seperti pisang raja, pisang ambon, dan masih banyak lagi. 

2. Apel 

Sebagai penderita asam lambung, Anda juga bisa mengkonsumsi apel. Kandungan pada buah ini yakni serat, kalsium, magnesium, dan kalium ternyata dapat menatu meredakan gejala maag yang muncul.

Selain itu, kandungan serat pada buah ini juga bisa membuat  kenyang lebih lama membantu menurunkan kadar kolesterol serta mencegah kenaikan gula darah. Kemudian kandungan magnesiumnya pada apel dapat membantu mencegah berbagai penyakit. 

Selain kandungan diatas, apel juga mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A,C, D dan B16 yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Walaupun bermanfaat, bukan berarti Anda bisa makan semua jenis apel. Alasannya ada beberapa jenis apel seperti apel hijau yang rasa asamnya dapat menyebabkan gejala maag muncul.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi apel berwarna merah dengan kondisi yang atang. Jenis apel ini tergolong aman dikonsumsi karena dapat mencegah gejala maag kambuh kembali. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...