5 Pilhan Buah yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Image title
1 Desember 2022, 16:01
Buah yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung
Unsplash
Ilustrasi, buah-buahan.

Pada umumnya, penderita asam lambung atau GERD akan mengalami sejuumlah sejumlah gejala seperti sensasi terbakar pada perut, dada, dan tenggorokan atau heartburn. Hal ini terjadi dikarenakan ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. 

Untuk mencegah hal ini sering terjadi, penderita asam lambung perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Salah satunya, adalah memperhatikan konsumsi buah.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Ini dikarenakan kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan tersebut dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Bila Anda juga menderita kondisi yang sama, berikut ini informasi lima pilihan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan asam yang rendah yaitu dengan kadar pH sekitar 4,5 - 5,2.

Dengan kandungan asam ini pisang dipercaya dapat membantu menetralisir asam lambung serta meringankan gejala maag. Buah ini juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumat sehingga membantu memulihkan fungsi lambung.

Manfaat lain dari buah pisang adalah mencegah kemungkinan terjadinya iritasi akibat naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan pisang yang telah ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan dapat membentuk lapisan pelindung kerongkongan.

Selain mengandung asam rendah, pisang juga mengandung potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien yang dibutuhkan tubuh.Kandungan sertanya yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung.

Kandungan lain pada buah pisang seperti kalium, elektrolit, dan vitamin B6 juga baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Bila Anda  ingin mengkonsumsi buah ini, ada berbagai jenis pisang yang bisa dikonsumsi seperti pisang raja, pisang ambon, dan masih banyak lagi. 

2. Apel 

Sebagai penderita asam lambung, Anda juga bisa mengkonsumsi apel. Kandungan pada buah ini yakni serat, kalsium, magnesium, dan kalium ternyata dapat menatu meredakan gejala maag yang muncul.

Selain itu, kandungan serat pada buah ini juga bisa membuat  kenyang lebih lama membantu menurunkan kadar kolesterol serta mencegah kenaikan gula darah. Kemudian kandungan magnesiumnya pada apel dapat membantu mencegah berbagai penyakit. 

Selain kandungan diatas, apel juga mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A,C, D dan B16 yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Walaupun bermanfaat, bukan berarti Anda bisa makan semua jenis apel. Alasannya ada beberapa jenis apel seperti apel hijau yang rasa asamnya dapat menyebabkan gejala maag muncul.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi apel berwarna merah dengan kondisi yang atang. Jenis apel ini tergolong aman dikonsumsi karena dapat mencegah gejala maag kambuh kembali. 

3. Semangka

Buah berikutnya yang aman dikonsumsi adalah semangka. Hal ini dikarenakan semangka mengandung antioksidan, vitamin C dan A, serta asam amino yang dapat menetralisir asam lambung. Dengan demikian, jumlah asam yang naik ke kerongkongan akan berkurang. 

Alasan lain kenapa buah ini bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah karena kandungan pH nya yang cukup yaitu sekitar 5,2 - 6,7. Selain itu, semangka ternyata juga merupakan sumber likopen yaitu senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh. 

Semangka bisa dikonsumsi dengan berbagai cara baik dimakan langsung atau dijadikan jus tanpa tambahan gula. Namun pastikan Anda tetap mengkonsumsi buah ini dalam porsi yang normal untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan

4. Melon 

Melon ternyata juga aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Hal sama juga telah dijelaskan oleh University Hospital yang menyebut bahwa melon termasuk buah yang bisa mengendalikan asam lambung berlebih. 

Selain itu, dilansir dari Johns Hopkins Medicine, bah ini ja dapat meredakan asam lambung dan mencegah iritasi akibat refluks asam lambung. Manfaat ini ada dikarenakan memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat mineral magnesium yang ada di dalamnya. dengan demikian, maka tidak akan terjadi peningkatan kadar asam lambung.

Melon juga memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, yakni sebagai berikut:

  • 7,8 gram karbohidrat
  • 0,6 gram protein
  • 0,4 gram lemak
  • 1 gram serat 

Berbagai macam mineral dan vitamin membuat buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh. Bila Anda ingin makan buah ini, ada berbagai jenis melon yang aman dikonsumsi diantaranya melon honeydew, cantaloupe (blewah), hingga watermelon.

5. Pepaya

Buah terakhir yang aman bagi penderita asam lambung adalah pepaya. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung enzim papain yaitu enzim protease yang dihasilkan dari getah pada buah pepaya.

Enzim ini berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan mempermudah penguraian protein. Dengan demikian, protein bisa lebih mudah dipecah menjadi bentuk terkecil berupa asam amino. 

Buah ini juga mengandung vitamin K, vitamin B, beta karoten, serta kalsium yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, buah ini juga diyakini bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, asma, hingga diabetes. 

Itulah informasi lima pilihan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Walaupun memiliki banyak manfaat, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar gejala penyakit asam lambung dapat terkendali.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait