7 Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Destiara Anggita Putri
23 November 2022, 21:58
Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
Unsplash
Ilustrasi, sayuran.

Asam lambung atau GERD merupakan suatu kondisi dimana ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Bila kondisi ini sering terjadi maka bisa menyebabkan sejumlah gejala seperti sensasi terbakar pada perut, dada, dan tenggorokan atau heartburn.

Untuk mencegah hal ini sering terjadi, penderita asam lambung perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya Selain menghindari makanan tinggi lemak dan garam, penderita asam lambung juga perlu berhati-hati  terhadap jenis sayuran tertentu.

Pasalnya, ada beberapa jenis sayuran yang dapat memicu naiknya asam lambung. BIla Anda juga menderita kondisi yang sama, berikut ini informasi tujuh sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung.

1. Tomat 

Tomat merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan tinggi likopen sehingga bisa menjaga kesehatan jantung. Walaupun demikian, ternyata tomat baik itu tomat segar, tomat kaleng, jus atau produk tomat lainnya harus dihindari oleh penderita asam lambung.

Hal ini dikarenakan tomat mengandung asam yang tinggi sehingga bisa menyebabkan mulas dan heartburn bila dikonsumsi berlebihan. Namun bila tetap ingin makan sayuran ini, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu seberapa besar tingkat toleransi Anda saat mengkonsumsi tomat. 

Anda bisa melakukan percobaan dengan mengkonsumsi sejumlah kecil produk tomat yang berbeda. Setelah itu, tunggu beberapa saat untuk memastikan apakah terjadi reaksiJ ika memang ada, itu berarti  Anda harus memasak tomatnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

2. Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran kerap dijadikan salah satu bahan utama salad atau diolah menjadi sayur tumis. Namun faktanya kubis tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Hal ini dikarenakan kubis mengandung gula yang menyebabkan lambung menghasilkan gas lebih banyak. Alhasil Anda akan mengalami perut kembung hingga sering bersendawa dan buang ags.Selain itu, kubis juga mengandung tinggi serta yang membuatnya lebih sulit dicerna.

Melihat efeknya ini, Anda sebaiknya menghindari makan sayuran ini dalam kondisi mentah. Namun bila tetap ingin mengkonsumsinya, Anda perlu memasaknya terlebih dahulu untuk menghindari asam lambung

3. Sawi

Sawi merupakan jenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan sawi mudah ditemukan serta bisa diolah menjadi berbagai makanan. 

Walaupun demikian, sayuran ini ternyata juga tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung. Pasalnya kandungan gula kompleks pada sawi yang bernama raffinose berpotensi menghasilkan gas yang berlebih dalam lambung. 

Kondisi ini dapat menyebabkan penderita naiknya asam lambung sehingga membuat penderitanya merasa mual.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...