8 Pantangan Asam Lambung yang Perlu Dihindari

Salah satu upaya untuk mencegah asam lambung naik yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung. Apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut daftarnya.
Image title
30 Maret 2022, 08:16
8 Pantangan Asam Lambung yang Perlu Dihindari
Pexels/Chevanon Photography
Kopi menjadi salah satu pantangan asam lambung yang perlu dihindari

Asam lambung atau sering disebut juga sebagai maag merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Saat asam lambung naik, biasanya seseorang merasakan sakit pada bagian perut.

Masalah kesehatan ini bisa dirasakan siapa saja. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung. Apa saja pantangannya? Mengutip dati hellosehat.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Pantangan Asam Lambung

1. Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi

Salah satu kelompok makanan yang bisa memicu asam lambung yaitu makanan tinggi lemak. Sejatinya, lemak diperlukan tubuh untuk beberapa hal. Namun jika dikonsumsi dalam porsi besar, makanan berlemak bisa menyebabkan gejala maag.

Hal ini terjadi karena lemak bisa melemahkan otot di katup kerongkongan bawah. Kondisi inilah yang mengakibatkan kerongkongan mudah terbuka dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Peristiwa ini membuat seseorang merasakan nyeri dan sensasi terbakar di dada (heartburn).

Advertisement

Selain menyebabkan heartburn, makanan tinggi lemak juga dapat merangkan hormon kolestistokinin. Hormon bisa membuat katup tenggorokan mengendur dan menyebabkan asam lambung naik.

Makanan tinggi lemak juga membuat pencernaan bekerjaa lebih lama. Akibatnya, organ lambung selalu penuh dan produksi asam lambung menjadi tinggi.

Beberapa contoh makanan tinggi lemak yang perlu dihindari yaitu:

  • Susu tinggi lemak dan produk turunannya.
  • Daging merah.
  • Gorengan.
  • Makanan manis.

2. Minuman mengandung kafein

Pandangan asam lambung lainnya yaitu minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafein biasanya ditemukan pada minuman seperti kopi, teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi.

Kafein menyebabkan otot di kerongkongan bawah melemah, sehingga asam lambung bisa naik ke daerah tersebut. Tak hanya itu, kafein juga dapat memicu hormon gastrin.

Hormon ini berfungsi untuk merangsang lambung agar memproduksi asam lambung. Jika hormon yang diproduksi banyak, maka asam lambung yang dihasilkan juga menjadi banyak.

3. Makanan pedas

Makanan pedas selalu menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini banyak olahan makanan pedas yang lezat dan disukai. Namun untuk penderita maag, konsumsi makanan pedas perlu dibatasi.

Umumnya, rasa pedas datang dari cabai. Bahan masakan yang satu ini diketahui mengandung zat bernama capsaicin. Zat ini diketahui bisa memperlambat kerja sistem pencernaan.

Jika kondisi ini dialami penderita maag, maka dapat memicu gejala lebih buruk karena proses pencernaan yang lama. Pasalnya semakin lama makanan berada di perut, semakin tinggi risiko asam lambung naik.

4. Makanan asin

Makanan asin juga dapat memicu asam lambung naik. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa makanan yang tinggi garam bisa memicu refluks asam. Hal ini diduga karena umumnya makanan asin dimakan bersama dengan gorengan dan makanan berlemak.

Akan tetapi, kondisi ini tidak terlalu berpengaruh pada orang sehat dengan pola makan yang baik. Oleh sebab itu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

5. Buah citrus

Buah citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali juga termasuk pantangan asam lambung. Buah-buahan tersebut memang mengandung vitamin C yang tinggi, namun konsumsi buah citrus berlebih bisa memicu asam lambung naik.

6. Tomat

Selain buah citrus, tomat ternyata juga bisa memicu kenaikan asam lambung. Hal ini dikaranakan tomat mengandung asam sitrat dan asam malat yang bisa menyebabkan maag. Konsumsi tomat berlebih dapat menganggu sistem pencernaan. Akibatnya, asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan.

7. Bawang

Kelompok bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay juga bisa memicu asam lambung. Pasalnya, bawang diketahui bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Dengan demikian, risiko asam lambung naik menjadi semakin tinggi.

Tak hanya itu, bawang juga mengandung zat yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sering sendawa. Kondisi ini merupakan salah satu gejala maag yang memperburuk kenaikan asam lambung.

8. Minuman beralkohol

Tak hanya minuman berkafein saja yang bisa memicu asam lambung naik. Minuman yang mengandung alkohol seperti bir juga bisa memicu maag. Hal ini dikarenakan konsumsi alkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan perut.

Akibatnya, lapisan perut menjadi sensitif terhadal asam lambung. Selain itu, minuman beralokohol juga bisa meningkatkan produkasi asam lambung. Maka dari itu, bagi penderita maag, minuman yang mengandung alkohol harus dihindari.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung. Menjaga asupan makanan dan minuman merupakan salah satu cara mengobati asam lambung secara alami. Tak hanya itu, membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait