Memahami Bahasa Korea Minta Maaf Formal dan Informal

Anggi Mardiana
6 Desember 2022, 20:13
Bahasa Korea Minta Maaf
Freepik
Ilustrasi, pemandangan malam kota Seoul, Korea Selatan.

Bahasa Korea minta maaf penting diketahui ketika Anda pergi ke Korea Selatan. Informasi ini penting, karena terkadang seseorang tidak memahami dengan baik budaya Korea, sehingga tidak sengaja berbuat salah. Jika belum tahu bagaimana cara mengucapkan maaf dalam bahasa Korea yang benar, berikut penjelasannya.

Dengan mengetahui bahasa, serta gestur meminta maaf, maka Anda akan memiliki kesan yang baik di mata orang Korea kala berkunjung ke sana, dan tidak sengaja berbuat salah.

Bahasa Korea Minta Maaf secara Formal

Ada banyak kata maaf yang bisa diucapkan dalam bahasa Korea, berikut ini adalah kata maaf formal dalam bahasa Korea, dilansir dari Bumikorea.com.

1.  Joesonghamnida

Joesonghamnida merupakan bahasa Korea minta maaf formal pertama yang bisa Anda gunakan kepada orang yang dihormati atau lebih tua. Etika mengucapkan kata maaf ini sambil menundukan pandangan sebagai tanda bahwa Anda sudah mengakui kesalahan.

2. Joesong Habnida

Frasa bahasa Korea memang luas, bahkan untuk mengucapkan kata maaf ada beragam kata yang bisa disesuaikan dengan siapa berbicara. Salah sata ucapan maaf dalam bahasa Korea, adalah joesong habnida yang formal dan lebih sopan.

3. Mianhamida

Mianhamida merupakan ungkapan minta maaf dalam bentuk kalimat formal atau sopan. Bisa digunakan pada situasi resmi seperti sedang rapat bersama klien, rekan bisnis, bos atau lainnya.

Bahasa Korea Minta Maaf Informal

Sama seperti bahasa lain pada umumnya, bahasa Korea juga memiliki kata untuk situasi informal. Untuk bahasa Korea minta maaf yang informal, bisa digunakan kepada teman sebaya. Berikut di antaranya.

1. Mianhae

Mianhae merupakan bahasa Korea minta maaf informal dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ucapan ini sering diucapkan ketika sedang berbicara dengan teman dekat atau orang yang usianya jauh lebih muda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...