Daftar Pemain Bola Kroasia di Piala Dunia 2022

Tifani
Oleh Tifani
9 Desember 2022, 15:06
Ilustrasi, pemain Tim Nasional Kroasia.
Dok. Croatian Football Federation
Ilustrasi, pemain Tim Nasional Kroasia.

Tim Nasional (Timnas) dijadwalkan berhadapan dengan Timnas Brasil pada babak 8 Besar Piala Dunia 2022, Jumat (9/12). Laga antara Kroasia vs Brasil ini, akan dimainkan di Stadion Education City.

Dikutip dari laman bola.net, timnas Kroasia memboyong 26 pemain untuk berlaga pada Piala Dunia 2022. Sejak runtuhnya Yugoslavia pada 1991, Kroasia hanya sekali gagal lolos ke Piala Dunia, yaitu pada 2010 di Afrika Selatan.

Saat melakoni debut Piala Dunia 1998 di Perancis, Timnas Kroasia yang kala itu diperkuat pemain hebat macam Davor Suker dan Zvonimir Boban, membuat kejutan dengan menembus semifinal. Sebelumnya, pelatih Zlatko Dalic mengumumkan 34 nama kandidat pemain yang akan dipanggil ke Piala Dunia. Menjelang perhelatan Piala Dunia 2022, ia menyeleksinya menjadi 26 pemain.

Di belakang, ada nama kiper Dominik Livakovic, yang sepertinya akan jadi pilihan nomor satu di bawah mistar gawang Kroasia. Di posisi bek ada nama lord Dejan Lovren, eks bek Liverpool. Ada juga nama bek muda yang jadi incaran banyak tim elit Eropa, Josko Gvardiol. Di lini tengah, tentu saja ada sang maestro yang jadi andalan Real Madrid, Luka Modric.

Dalic juga memanggil gelandang Chelsea, Mateo Kovacic. Ada juga pemain Inter Milan Marcelo Brozovic. Kemudian ada juga nama bintang muda Salzburg, Luka Sucic. Di lini serang, ada nama Andrej Kramaric. Demikian pula penggawa Tottenham yang berpengalaman, Ivan Perisic.

Skuat Lengkap Kroasia di Piala Dunia 2022

Berikut skuat lengkap Kroasia yang akan bermain di Piala Dunia 2022:

Kiper: Dominik Livakovic, Ivica Ivusic, Ivo Grbic

Bek: Domagoj Vida, Dejan Lovren, Borna Barisic, Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Josip Stanicic, Martin Erlic, Josip Sutalo.

Gelandang: Luka Modric, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Mario Pasalic, Nikola Vlasic, Lovro Majer, Kristijan Jakic, Luka Sucic.

Penyerang: Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, Mislav Orsic, Ante Budimir, Marko Livaja.

Daftar Pemain Andalan Kroasia

Kroasia lolos ke babak 8 Besar usai menang atas Jepang pada babak sebelumnya. Vatreni mengalahkan Jepang yang tampil sangat mengejutkan pada fase grup, dengan mengalahkan Spanyol dan Jerman.

Dalam laga melawan Jepang, Kroasia menang adu penalti. Kroasia punya kapasitas untuk memupus asa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2022. Kroasia sendiri memiliki beberapa pemain kunci yang akan memainkan peran krusial. Berikut daftar pemain bola Kroasia yang menjadi andalan.

1. Josip Juranovic

Juranovic adalah pemain yang spesial. Dia bisa bermain untuk peran bek kanan maupun bek kiri. Namun, di Piala Dunia 2022, pemain asal klub Celtic itu memainkan peran bek kanan dengan sangat baik.

Juranovic tampil begitu sejak fase grup. Dia sudah teruji. Juranovic sudah pernah berhadapan dengan Sofiane Boufal, Alphonso Davies, Yannick Carrasco, Eden Hazard, hingga Daichi Kamada di babak sebelumnya.

Pada babak 8 Besar nanti, Juranovic akan berjumpa Vinicius Junior. Tentu saja ini bukan perkara yang mudah. Namun, Juranovic punya kualitas dan kapasitas untuk membatasi pergerakan winger Brasil tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...