Bisa Timbulkan Tsunami, Kenali Lempeng Megathrust yang Ancam Indonesia

Anggi Mardiana
15 Desember 2022, 09:28
Lempeng Megathrust
Freepik
Ilustrasi, gempa bumi.

Mengutip EOS Sains News, lempeng megathrust adalah patahan batas lempeng yang terjadi pada bidang kontak dua lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi. Gerakan aktif antar lempeng ini tidak terbendung dan bisa memicu gempa dahsyat.

Retakan megathrust melibatkan lempeng samudera. Akibat gerakan lempeng yang tidak terbendung, tekanan antarmuka kedua lempeng jadi terkunci dan akhirnya mengakibatkan gempa bumi berskala besar.

Zona Lempeng Megathrust

Mengutip Ilmugeografi.commegathrust merupakan salah satu jenis gempa yang bisa mengancam gempa dan tsunami parah. Sementara itu, zona megathrust atau zona subduksi Selat Sunda adalah zona yang bertanggung jawab untuk gempa bumi yang besar dan tsunami besar di seluruh belahan dunia.

Zona megathrust terbagi menajdi 3 zona besar di antaranya Andaman Megathrust, Sumatra Megathrust dan Java Megathrust. Jangkauannya cukup luas yaitu lebih dari 5.500 km yang dimulai dari utara Myanmar ke barat daya Sumatra, lanjut ke Selatan Jawa dan Bali lalu berakhir di Australia. Di sinilah, tempat pertemuan antara lempeng Eurasia yang ditabrak atau dihujam oleh lempeng Indo-Australia.

Karakteristik Gempa Megathrust

Untuk mengetahui karakteristik gempa karena lempeng megathrust, berikut karakteristiknya:

1. Skala Gempa Besar

Para ilmuwan mengatakan gempa megathrust sebagai gempa raksasa karena memiliki karakteristik skala yang besar. Skala gempanya mulai dari 8,0 SR hingga 10 SR.

2. Berpotensi Tsunami

Karakteristik kedua dari gempa megathrust ialah berpotensi tsunami. Seperti yang dikatakan oleh para ahli, megathrust merupakan salah satu zona paling aktif di dunia yang juga bertanggung jawab atas beragam gempa dan tsunami besar.

Dampak Gempa Megathrust

Gempa megathrust bisa berdampak bagi daerah atau zona yang mengalaminya. Berikut dampak gempa megathrust yang pernah mengancam beragam belahan bumi:

1. Abrasi Parah di Pantai

Dampak pertama dari gempa megathrust adalah bisa merusak bibir pantai atau abrasi parah. Seperti pada informasi sebelumnya, gempa megathrust skalanya besar sehingga bisa merusak beragam hal.

2. Kerusakan Parah dan Bangunan Roboh

Kerusakan parah dan bangunan roboh merupakan dampak gempa megathrust selanjutnya. Kerusakan pada infrastruktur juga bisa merobohkan bangunan besar yang berada di kota-kota. Beberapa ahli mengatakan, bangunan tinggi memiliki struktur tidak baik sehingga bisa berpotensi miring.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...