Contoh Proposal Natal 2022 Sederhana Beserta Susunan Anggarannya

Mendekati perayaan Natal 25 Desember, contoh proposal Natal 2022 banyak dicari sebagai pedoman susunan dan format penulisannya yang benar. Berikut ini contoh proposal Natal sederhana sebagai panduan.
Image title
16 Desember 2022, 13:13
Contoh proposal Natal 2022
Katadata
Ilustrasi, merayakan Natal.

Perayaan Natal terkadang membutuhkan contoh proposal Natal untuk meminta dana dari donatur karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih biaya untuk seksi konsumsi dan dekorasi yang butuh pengeluaran lebih.

Sebelum membuat proposal Natal lebih baik melakukan rapat terlebih dahulu bersama panitia agar tidak terjadi salah paham. Perayaan natal bukan hal mewah namun tentang bagaimana cara kita memperingati hari kelahiran Yesus supaya semakin dekat dengan Tuhan.

Contoh Proposal Natal 2022

Membuat proposal untuk hari Natal 2022 relatif mudah dan bisa dibuat secara sederhana, berikut contoh proposal Natal dilihat dari susunannya:

A. Cover

Langkah pertama buat cover semenarik mungkin, bisa masukan judul dan gambar perayaan natal.

B. Pendahuluan

Untuk halaman pendahuluan bisa Anda buat seperti ini:

Dalam rangka merayakan hari kelahiran Yesus Kristus, juru selamat manusia, marilah bersama-sama meningkatkan keimanan kepada Yesus Kristus. Mari menyiapkan hati untuk menyambut kelahiran Putra Natal di hati Anda semua karena Dia-lah sumber dari semua sukacita.

Kelahiran Yesus Kristus di tengah dunia ini telah menunjukan betapa besar kasih-Nya kepada Anda semua dan juga memperoleh sukacita sejati dari Allah SWT. Atas kasih dan anugerah-Nya juga kita semua bisa berkumpul dalam kasih-Nya melalui sebuah kebaktian dan Perayaan Natal bersama Jemaat Gereja Bethel.

Dengan memahami makna Natal, marilah saling bertegang tangan, menguatkan dan tolong menolong untuk menanggung semua beban. Mari menyatakan kerinduan untuk senantiasa dekat dengan Dia melalui kehidupan masing-masing.

C. Tujuan

Adapun berikut tujuan dilaksanakannya perayaan Natal 2022:

• Mempererat tali persaudaraan dan hubungan harmonis antar sesama jemaat, khususnya jemaat gereja Bethel Kota Bandung.

• Menjalin rasa keakraban dan kerukunan antar umat beragama tanpa membedakan ras, suku dan golongan.

• Sebagai perwujudan umat kristiani untuk berbakti dan berkembang di tengah kehidupan berbangsa dan negara yang majemuk.

• Turut berperan serta dalam mewujudkan pembangunan kehidupan yang beragam.

D. Sasaran

Melalui Perayaan Natal 2022 akan lebih memperkuat dan mempererat hubungan antara sesama jemaat. Seluruh jemaat gereja di Kota Bandung umumnya dan jemaat Gereja Bethel khususnya.

E. Peserta

Peserta Perayaan Natal 2022 yaitu jemaat Gereja Bethel ditambah dengan para undangan dari berbagai gereja lainnya.

F. Kepanitiaan

Tahap selanjutnya untuk susunan contoh proposal Natal 2022 yaitu melampirkan susunan kepanitiaan. Pada bagian ini bisa ditulis “Terlampir”.

G. Rencana Tempat Kegiatan

Kegiatan Perayaan Natal 2022 akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 25 Desember 2022
Jam: 20.00 WIB
Tempat: Gereja Bethel Kota Bandung

H. Anggaran

1. Rencana Anggaran

  • Seksi Sekretariat Rp 700.000
  • Seksi Ibadah Rp 800.000
  • Seksi Musik Rp 800.000
  • Seksi Konsumsi Rp 7.000.000
  • Seksi Dekorasi Rp 3.000.000
  • Seksi Kesenian Rp 700.000
  • Seksi Perlengkapan Rp 1.000.000
  • Seksi Keamanan Rp 700.000
  • Biaya Tidak Terduga Rp 3.000.000

Total Anggaran Pengeluaran: Rp 17.700.000

2. Sumber Penerimaan Anggaran

Sebagian anggaran diterima dari iuran anggota jemaat Gereja Bethel dengan jumlah 20 kepala keluarga @ Rp 500.000, Total: Rp 10.000.000. Kekurangan dana Rp 7.700.000, kami harap bisa tertutupi dari:

  • Persembahan syukur dari jemaat
  • Mengadakan Bazar yang akan dibuat oleh ibu-ibu Jemaat Gereja Bethel
  • Proposal ke perusahaan

I. Penutup

Demikian proposal Perayaan Natal 2022 ini kami buat, kiranya Bapak/Ibu/Saudara(i) bisa membantu dan mendukung terselenggaranya acara bersama jemaat Gereja Bethel, baik berupa do’a maupun materi. Semoga Tuhan memberkati Anda semua.

Atas Nama Panitia Natal
Gereja Bethel
Dipatiukur, Kota Bandung Tahun 2022

Di akhir proposal,disertakan tempat dan tanggal proposal dibuat, serta dibubuhkan tanda tangan ketua/wakil ketua, dan sekretaris panitia acara.

Dalam contoh proposal Natal ini sudah terlihat lengkap bagian pendahuluan, tujuan, sasaran peserta, kepanitiaan, rencana anggaran, tempat kegiatan, sumber pemasukan anggaran dan penutup. Di bagian terakhir bisa dimasukan lampiran. Untuk susunan penomoran proposal kegiatan ini bisa disesuaikan kembali.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait