Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan di Dalam Diri dengan Efektif

Anggi Mardiana
19 Desember 2022, 15:20
Cara Menghilangkan Rasa Takut
Freepik
Ilustrasi, seseorang mengalami anxiety.

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan penting diketahui, apa pun itu penyebabnya. Untuk menghilangkan rasa takut, Anda harus menghadapinya karena semakin dihindari, rasa takut tidak akan hilang begitu saja. Jangan sampai rasa takut menguasai diri Anda.

Rasa takut dapat muncul dalam bentuk yang beragam, ada yang takut karena sendirian, saat bertemu orang lain, atau bahkan takut dengan hantu. Jika rasa takut berlebihan dibiarkan, tentunya bisa mengganggu aktivitas hingga kehidupan sosial, terlebih jika takut terhadap orang lain. 

7 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

Menghilangkan rasa takut berlebihan perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat kecemasan yang mengganggu aktivitas. Perasaan takut terkadang muncul saat kita sendiri sehingga tidak fokus menjalani aktivitas yang tengah dikerjakan. Berikut 7 cara menghilangkan rasa takut yang kami lansir dari Nhsinform.scot:

1.  Meluangkan Waktu

Rasa takut berlebihan bisa menghalangi Anda untuk berpikir jernih. Jika kondisi ini terjadi, hal pertama yang perlu dilakukan ialah meluangkan waktu agar bisa menenangkan fisik. Coba alihkan perhatian dari rasa khawatir selama 15 menit, bisa berjalan di sekitar blok, membuat teh atau mandi.

2. Bernapas Melalui Kepanikan 

Cara menghilangkan rasa takut berikutnya dengan bernapas melalui kepanikan. Biasanya Anda akan mulai merasakan jantung berdetak lebih cepat atau telapak tangan berkeringat. Jangan melawannya, tetaplah berada di tempat, rasakan kepanikan tanpa mengalihkan perhatian dan letakan tangan di atas perut lalu mulailah bernapas secara perlahan.

3. Hadapi Rasa Takut

Menghindari rasa takut hanya akan membuat hal tersebut lebih menakutkan. Apa pun ketakutannya, lebih baik dihadapi agar rasa takut itu memudar. Misalnya jika Anda merasakan kepanikan ketika naik lift, bisa kembali naik lift keesokan harinya.

4. Bayangkan Tempat yang Menyenangkan 

Menghindari rasa takut berikutnya bisa dengan membayangkan tempat yang menyenangkan seperti aman dan tenang. Cara ini bisa berupa berjalan di pantai yang indah, tidur di sebelah kucing peliharaan atau membayangkan kenangan indah masa kecil. Biarkan perasaan positif menenangkan hingga Anda merasa lebih rileks. 

5. Hadiahi Diri Sendiri

Setiap kali melakukan panggilan yang ditakuti, coba hadiahi diri sendiri. Misalnya memperkuat kesuksesan dengan memanjakan diri seperti pijatan, jalan-jalan, makan di luar, membeli buku, DVD atau hadiah kecil yang bisa membuat Anda bahagia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement