8 Tips Anti Mabuk Udara di Pesawat

Destiara Anggita Putri
19 Desember 2022, 20:44
Tips Anti Mabuk Udara di Pesawat
Unsplash
Ilustrasi, penumpang pesawat terbang.

Pengalaman naik pesawat, khususnya bagi pemula, seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang. Mabuk udara kerap kali menjadi pengganggu dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.  

Penyebab mabuk udara pun beragam, mulai dari dikarenakan kondisi tubuh yang tidak fit, merasa tegang atau perasaan takut terhadap ketinggian yang memicu mual dan pusing selama perjalanan. 

Anda tidak ingin bukan mabuk udara menghambat perjalanan Anda? Oleh karena itu, berikut ini 8 tips anti mabuk udara di pesawat yang bisa Anda praktikkan.

1. Makan dan Minum dengan Porsi Cukup Sebelum Naik Paik Pesawat

Sebelum Anda naik pesawat, ada baiknya anda telah makan dan minum terlebih dahulu. Melakukan perjalanan, khususnya dengan pesawat, bisa jadi melelahkan dan menguras energi. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk melakukan perjalanan dengan perut kosong. 

Namun, bukan berarti Anda bisa makan dan minum dengan porsi yang berlebihan. Perut yang terlalu kenyang justru akan memicu anda untuk merasa mual dan muntah yang justru mengganggu perjalanan Anda selama naik pesawat. Makan dan minum dengan porsi yang secukupnya saja agar tidak mengalami mabuk udara.

2. Hindari Makanan Pedas dan Berkarbohidrat Tinggi

Anda juga harus menghindari makanan pedas sebelum penerbangan. Bila Anda penderita maag, mengonsumsi  makanan pedas dapat mempengaruhi lambung dan menimbulkan rasa mual.  Hal ini pun bisa menyebabkan maag yang dapat memperparah rasa ingin muntah.

Tidak hanya makanan pedas, Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung karbohidrta dan kadar gula yang tinggi. Hal ini dikarenakan makanan seperti ini dapat memicu adrenalin yang bisa membuat Anda panik.

Perasaan panik inlah yang bisa membaut Anda merasa mual dan pusing. Bila tetap ingin makan sebelum penerbangangan,  Anda sebaikya makan makanan yang mengandung protein dan vitamin yang cukup.

3. Mengunyah Permen Rasa Peppermint

Selama perjalanan di pesawat, Anda bisa mengunyah permen rasa peppermint sebagai cara untuk mencegah mabuk udara. Mengunyah permen dapat memberikan efek menenangkan pada lambung sehingga dapat membantu mengurangi gejala mual anda. Hasilnya, Anda pun menjadi lebih rileks dan bisa lebih menikmati perjalanan di pesawat.

4. Memilih Tempat Duduk yang Tepat

Pemilihan tempat duduk yang nyaman menjadi salah satu faktor penting selama Anda melakukan perjalanan di pesawat. Penting untuk memperhatikan tempat duduk di pesawat supaya tidak mengalami mabuk udara.

Semisal Anda mendapat tempat duduk di dekat jendela dan mulai merasa tidak nyaman, Anda bisa meminta orang yang  duduk di sebelah anda untuk bertukar tempat duduk. Hal yang sama berlaku untuk sebaliknya. Sesuaikan saja tempat duduk dengan kondisi dan situasi anda untuk mencegah mabuk udara selama di pesawat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement