Memahami Perbedaan Komunitas dengan Ekosistem

Annisa Fianni Sisma
21 Desember 2022, 10:28
Perbedaan Komunitas dengan Ekosistem
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Ilustrasi, seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan berjalan melintasi miniatur hutan tropis di Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Arboretum Sylva Untan berdiri sejak 1989 dan telah ditetapkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas 3,48 hektare yang memiliki ratusan jenis tumbuhan endemik Kalimantan.

Dalam lingkungan hidup, terdapat perbedaan komunitas dengan ekosistem. Istilah tersebut kerap muncul dalam buku pengetahuan alam jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Berkaitan dengan hal itu, tentu perlu dibahas terkait perbedaan komunitas dengan ekosistem. Tujuannya adalah, untuk dapat memahami perbedaan serta kaitannya satu sama lain.

Sebab, komunitas dan ekosistem kerap dianggap sama dalam beberapa hal. Untuk itu, berikut ini masing-masing pengertian komunitas dan ekosistem serta perbedaan keduanya lengkap beserta contoh.

Pengertian Komunitas

Melansir dari kependidikan.com, komunitas merupakan kumpulan populasi makhluk hidup. Makhluk hidup ini tinggal di lingkungan yang sama dan saling membutuhkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia V, komunitas adalah kelompok organisme yakni orang dan sebagainya yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. Dalam beberapa pembahasan, komunitas dapat disebut sebagai kelompok masyarakat, tetapi terkait dengan lingkungan dan makhluk hidup, maka artinya juga berkaitan dengan hewan dan tumbuhan.

Populasi merupakan setiap makhluk hidup dengan spesies yang sama. Contohnya yakni populasi ayam, populasi ular, populasi rusa, populasi kepiting, dan lain sebagainya.

Contoh sebuah komunitas yakni adanya tumbuhan padi, belalang, ulat, ayam, ular, dan pengurai. Belalang hidup di padang padi sebagai sumber makanannya beserta hewan-hewan kecil lainnya. Kemudian ayam yang membutuhkan populasi ulat sebagai sumber makanannya.

Hewan-hewan dalam satu komunitas itu seakan menjadi rantai makanan dan saling berkaitan. Itulah yang dinamakan komunitas.

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia V, ekosistem merupakan keanekaragaman komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam alam.

Mengutip kependidikan.com, ekosistem itu terdiri atas makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Makhluk hidup biasa disebut dengan biotik dan makhluk tak hidup biasa disebut dengan biotik.

Contoh dari ekosistem yakni ada pada beberapa tempat. Ekosistem hutan terdiri atas pohon, tumbuhan lain, serangga, tikus hutan, kucing hutan, buaya, rusa, singa, dan lain sebagainya. Ekosistem daratan yang berkaitan contohnya bunga dan lebah, tali putri dengan tumbuhan teh, anggrek dengan kelengkeng, dan rumput liar dengan padi.

Contoh ekosistem dalam hutan hujan yakni adanya burung, mamalia, serangga, tumbuhan, dan makhluk non hidup lainnya. Contoh ekosistem savana yakni singa, hyena, hewan pengerat, buaya, banteng, makhluk non hidup dan lain sebagainya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...