5 Pesepak Bola yang Dicoret dari Timnas Indonesia AFF 2022

Ghina Aulia
23 Desember 2022, 20:05
Timnas Indonesia AFF
Bola Kompas
ILustrasi, Tim Nasional Indonesia di AFF 2022.

Perhelatan Piala AFF 2022 kembali diadakan. Diadakan sejak tahun 1996, Indonesia sangat disayangkan karena belum pernah sekalipun tercatat sebagai Juara.

Mengutip dari situs Goal.com, adapun yang pernah memenangkan Piala AFF di antaranya adalah Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia. Sedangkan Indonesia berkali-kali hanya sampai di posisi juara kedua atau runner-up.

Meski begitu, PSSI tak ada hentinya berupaya untuk menemukan bibit unggul untuk membela Tim Nasional Indonesia. Untuk sekarang, Timnas Indonesia diasuh oleh Shin Tae-yong, pelatih senior dari Korea Selatan.

Di samping deretan pemain yang diikutsertakan pada Piala AFF 2022, ternyata Shin Tae-yong juga menyisihkan sedikit dari mereka. Hingga sekarang, skuad Indonesia berisi 23 orang pemain.

Menariknya, mereka yang dicoret bukan berarti memiliki kemampuan yang kurang baik. Hal tersebut bisa terjadi lantaran standar tinggi yang menjadi patokan sang pelatih. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai deretan pesepak bola yang dicoret dari Timnas Indonesia AFF 2022.

1. Muhammad Ferarri

MUHAMMAD FERARRI
MUHAMMAD FERARRI (Sport Stars)

Muhammad Ferarri merupakan pesepakbola yang pernah aktif bermain untuk Timnas Indonesia AFF U-19 pada tahun 2022. Tak hanya itu, ia juga membela Timnas di beberapa turnamen lainnya. Seperti Turnamen Maurice Revello 2022 yang berlangsung di Prancis. Lalu, Ferarri juga pernah menjadi kapten saat kualifikasi Piala Asia U-20 AFC 2023. Ferarri berhasil menghasilkan gol bunuh diri untuk menyamakan kedudukan dengan Vietnam. Ferarri berhasil membawa timnya menang dan menjadi juara Grup F atas Vietnam dengan skor 3-2 dan akan berlaga di Piala Asia 2023 mendatang.

Pria kelahiran Jakarta ini memiliki tinggi 179 cm. Ferarri memiliki nomor punggung 41. Melansir dari situs Soccer Way, ia sekarang bergabung di Persija Jakarta sebagai bek tengah. Ferarri secara perdana bermain untuk Persija pada perhelatan Liga 1 musim 2021-2022 melawan Persela Lamongan.

2. Andy Setyo Nugroho

ANDY SETYO
ANDY SETYO (Bolaskor)

Termasuk pemain yang dicoret dari Timnas Indonesia AFF 2022, Andy Setyo merupakan pesepak bola yang sedang aktif bermain untuk klub Persikabo 1973. Sebelum itu, Andy bergabung dengan PS TIRA. Di masa sebagai junior, Andy bermain untuk Borneo FC. Ketika di lapangan, Andy biasa bermain untuk posisi bek. Sebelumnya, Ady merupakan bagian dari Timnas U-23 dan bermain pada laga SEA Games 2021. Andy juga aktif membela Timnas pada setiap golongan umur. Dirinya tercatat pernah bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 yang kala itu dilatih oleh Fakhri Husaini. Bahkan Andy juga menjadi bagian dari Timnas U-19 asuhan Eduard Tjong dan bermain di Piala AFF U-19 2016.

Andy merupakan pesepak bola kelahiran Pati, Jawa tengah. Tak hanya menjadi atlet, ternyata Andy merupakan anggota Tentara Republik Indonesia (TNI) dengan pangkat Sersan Satu. Diketahui bahwa Andy melatih kemampuannya dalam sepak bola dengan bergabung ke Sekolah Sepak Bola di Magelang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...