Menilik Seluk-beluk Beasiswa IISMA, Program, Keuntungan dan Syaratnya

Annisa Fianni Sisma
29 Desember 2022, 22:10
Beasiswa IISMA
site.iisma.id
Ilustrasi, logo beasiswa IISMA.

Program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) adalah beasiswa yang berasal dari Pemerintah Indonesia. Beasiswa IISMA ini diperuntukan bagi siswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri.

Beasiswa IISMA telah dibuat sejak 2019 dan merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk memperoleh pengalaman menarik di luar negeri. Program beasiswa ini menawarkan berbagai pilihan negara yang dapat dipilih pendaftar.

Beasiswa IISMA
Beasiswa IISMA (kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)
 




Terdapat dua jalur cakupan Beasiswa IISMA yakni mahasiswa sarjana dan vokasi. Dengan Beasiswa IISMA, mahasiswa Sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk tujuan belajar, mengenal budaya, dan melakukan tugas praktis meningkatkan keterampilan mereka.

Skema Beasiswa IISMA dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dan terbuka untuk mahasiswa sarjana dari seluruh Perguruan Tinggi Indonesia di bawah Ditjen Dikti.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini ulasan singkat mengenai seluk-beluk Beasiswa IISMA selengkapnya.

Jalur Program Beasiswa IISMA

1. Sarjana

Mahasiswa aktif S1 dari universitas yang ada di bawah Ditjen Dikti. Para mahasiswa haruslah mahasiswa aktif semester 4 atau 6 saat melakukan pendaftaran.

Setiap mahasiswa dapat mengambil mulai dari 3 hingga 4 mata kuliah di luar jurusan mereka hingga satu semester di 300 universitas teratas di dunia atau 10 universitas terbaik di negaranya.

Beasiswa IISMA jenjang Sarjana memberikan cakupan berupa tunjangan sehari-hari, Visa, pendaftaran dan biaya kuliah, tiket pesawat kelas ekonomi, tes PCR dan karantina, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Vokasi

Jalur Vokasi diperuntukkan untuk mahasiswa aktif jenjang Diploma 3 dan Diploma 4 dari pendidikan tinggi vokasi di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Para mahasiswa tersebut harus menempuh semester 4 atau semester 6 pada saat pendaftaran.

Seluruh peserta Beasiswa IISMA ini akan belajar di institusi terkemuka yang bekerja sama dengan industri terkemuka selama satu semester. Tentu ini merupakan kesempatan yang menarik untuk diikuti.

Beasiswa IISMA jenjang Vokasi memberikan cakupan berupa tunjangan sehari-hari, Visa, pendaftaran dan biaya kuliah, tiket pesawat kelas ekonomi, tes PCR dan karantina, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Keuntungan Mengikuti Beasiswa IISMA

Beasiswa IISMA memberikan keuntungan kepada mahasiswa yakni sebagai berikut:

1. 20 Kredit Semester

Keuntungan berupa 20 kredit semester ini diperoleh dari kegiatan akademik serta non akademik yang sesuai dengan minat mahasiswa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...