8 Aplikasi Maps Terbaik yang Memudahkanmu di Jalan

Aplikasi maps banyak digunakan sekarang. Selain karena tidak tahu arah, aplikasi demikian digunakan untuk memudahkan perjalanan. Simak tulisan tentang 8 Aplikasi Maps Terbaik!
Image title
6 September 2022, 15:32
aplikasi maps terbaik
pexels/Pixabay
Ilustrasi, aplikasi maps.

Penggunaan aplikasi navigasi bukan menjadi hal yang asing di zaman sekarang. Pasalnya, pembaruan konstruksi jalan hingga peralihan arah kadang menjadi kendala pengendara transportasi. Maka dari itu, aplikasi navigasi hadir sebagai solusi. Tidak hanya untuk yang ‘buta arah,’ kadang juga untuk menghindari kemacetan dan mencari alur jalan tercepat.

Di samping banyaknya penggunaan tersebut, semakin banyak juga aplikasi-aplikasi navigasi yang hadir. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Terkadang penggunaan juga tergantung penggunanya. Lebih familiar dan nyaman dengan aplikasi yang mana. Dengan ini, kami akan mengulas beberapa aplikasi navigasi penunjuk arah yang mungkin bisa kamu gunakan ketika bepergian. Simak tulisan di bawah ini yang membahas tentang 8 Aplikasi Maps Terbaik yang Memudahkanmu di Jalan!

  1. Google Maps

    LOGO GOOGLE MAPS
    LOGO GOOGLE MAPS (google)


    Aplikasi milik Google ini tidak diragukan lagu kualitasnya. Selain berasal dari pengembang yang jempolan, Google Maps juga terbukti mudah dan banyak digunakan, khususnya mereka pegiat jasa transportasi online.

    Fitur suara sangat memudahkan ketika ingin fokus berkendara. Kita bisa tetap mengikuti petunjuk peta tanpa harus melihat layar ponsel. Sayangnya, tak jarang rute yang ditampilkan cenderung lebih jauh dari yang seharusnya. Meskipun begitu, aplikasi ini bisa jadi pilihan untuk pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi navigasi. Ada pun keunggulan utama Google Maps dapat digunakan di lebih dari 220 negara.

    Advertisement
  2. Waze

    LOGO WAZE
    LOGO WAZE (waze.com)


    Waze merupakan aplikasi navigasi yang sangat mudah digunakan. Hal tersebut berdasarkan tampilannya yang akan berubah ketika kita sedang berjalan. Penunjuk arah akan otomatis menyesuaikan arah kendaraan kita tanpa harus melakukan recenter­.

    Selain itu, titik-titiknya juga cukup lengkap dan tersinkron dengan Google. Sangat cocok untuk yang kesulitan menggunakan Google Maps, aplikasi ini bisa jadi solusi. Pasalnya, interface dari Waze cukup sederhana dan mudah dipahami.

    Selain itu, informasi yang diberikan terkait jalan yang akan dilintasi juga lumayan lengkap. Misalnya seperti perpindahan jalur, kemacetan, penutupan jalan karena ada acara penting bahkan peringatan ketika kecepatan kendaraan melampaui batas.

  3. Bing Maps

    LOGO BING MAPS
    LOGO BING MAPS (bing.com)


    Merupakan bagian dari Kembangan Microsoft, nama Bing memang tidak asing. Bing juga memiliki search engine yang cukup banyak digunakan. Demikian halnya dengan aplikasi navigasi yang hadir sejak tahun 2005 ini. Bing Maps dapat diunduh melalui ponsel iOS dan Android.

    Bing Maps memiliki peta yang cukup sering diperbaharui, jadi keakuratannya sudah teruji. Menariknya lagi, aplikasi ini memiliki fitur game yang bisa kamu mainkan ketika dalam perjalanan. Tapi, pastikan bukan kamu yang berkendara, ya!

  4. Yandex Maps & Navigation

    LOGO YANDEX MAPS
    LOGO YANDEX MAPS (yandex)


    Yandex merupakan aplikasi pencarian yang mirip seperi Google, Bing, Yahoo! dan lainnya. Salah satu kembangannya adalah aplikasi peta dan navigasi yang sudah cukup terkenal. Hal tersebut lantaran penilaiannya di AppStore mencapai 4,7 dari 5 bintang.

    Tak heran ketika interface yang gampang dipahami dan penggunaannya mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan secara offline dan diunduh secara gratis. Namun salah satu kelemahannya adalah titik lokasi yang tidak lengkap. Jadi, kamu harus memastikan ada atau tidak titik tujuanmu dulu sebelum menggunakan Yandex Maps.

  5. Maps.me

    LOGO MAPS.ME
    LOGO MAPS.ME (maps.me)


    Aplikasi ini dapat dioperasikan secara offline, termasuk mencari lokasi yang akan dituju. Maps.me dikenal sebagai aplikasi yang hemat data internet dan tidak memenuhi ruang memori.

    Terhitung hingga sekarang, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari lima puluh juta kali di Google Play dengan penilaian 4,3 dari 5 bintang. Angka tersebut membuktikan bahwa Maps.me cukup bagus untuk digunakan sebagai alternatif aplikasi navigasi lainnya.

  6. Naver MAP

    LOGO NAVER MAP
    LOGO NAVER MAP (naver)


    Mirip seperti aplikasi navigasi yang sudah dijelaskan, NAVER Map umum digunakan di Korea Selatan. Mengingat pengembangnya adalah NAVER, yakni portal web ternama disana. Ibaratnya, penggunaannya sama seperti kita menggunakan Google.

    Walaupun hanya bisa diakses di Korea Selatan, aplikasi ini juga menyediakan opsi Bahasa Inggri, Mandarin dan Jepang. Dari segi fitur cukup lengkap, ada akumulasi waktu perjalanan, penampakan jalan dan masih banyak lagi.

  7. Guru Maps

    LOGO GURU MAPS
    LOGO GURU MAPS (gurumaps)


    Guru Maps dapat dioperasikan secara offline setelah selesai diunduh. Titik lokasinya juga cukup banyak, karena selalu diperbarui setiap bulannya. Maka dari itu, tidak perlu diragukan keakuratannya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis namun harus berlangganan berbayar apabila ingin mendapatkan fiturnya secara lengkap.

    Keunggulannya adalah arah yang ditunjukkan merupakan jarak terdekat ke tujuan. Cocok untukmu yang ingin bepergian dengan cepat. Mereka juga menyediakan opsi sembilan bahasa, penanda tempat dan peringatan kecepatan berkendara.

  8. Mapy.cz

    LOGO MAPY.CZ
    LOGO MAPY.CZ (mapy.cz)


    Hampir mirip dengan NAVER Map, aplikasi ini merupakan navigasi khusus di wilayah benua Eropa. Interfacenya kompleks dan sangat informatif. Bukan hanya tampilan jalan, petanya juga menunjukkan fasilitas umum di sekitar. Selain itu juga ada informasi penting terkait harga bahan bakar, winter maps hingga tips perjalanan.

    Menariknya, aplikasi navigasi ini dapat tetap digunakan tanpa jaringan internet. Walaupun digunakan secara offline, informasi dan panduan tetap dapat kita terima seperti biasa.

    Kebutuhan akan penggunaan aplikasi maps dan navigasi semakin meningkat  karena alur dan tak jarang tata wilayah juga mengalami perubahan. Dari aplikasi di atas, apakah kamu sudah pernah menggunakannya? Masing-masing memiliki keunggulannya, tergantung referensi dan mana yang sering kita gunakan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait