2 Cara Membuat ID Telegram dengan Mudah

Berikut beberapa cara membuat ID Telegram yang mudah dilakukan, mulai dari membuat username menarik sampai membagikan kode QR Telegram.
Image title
19 September 2022, 09:28
Telegram
pixabay.com
Ilustrasi, logo aplikasi Telegram.

Cara membuat ID Telegram sangat mudah dilakukan. Terlebih lagi dengan keberadaan fitur ini, keamanan dari privasi penggunanya semakin terjaga.

ID atau identitas Telegram secara umum terdiri dari username dan nomor telepon pengguna. Fungsinya adalah sebagai kontak yang bisa dicari atau dihubungi oleh pengguna lain.

Di samping itu, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mempelajari cara membuat ID Telegram selain saat ini. Pasalnya, versi terbaru Telegram yang sudah diperbarui telah mendatangkan tool agar pengguna bisa melakukannya.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara membuat ID Telegram, selengkapnya Anda dapat menyimak penjelasan berikut ini.

Advertisement

Apa Itu ID Telegram?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membuatnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu ID Telegram. Sederhananya ID Telegram adalah serangkaian informasi yang berkaitan dengan akun Anda.

Untuk mendapatkan ID Telegram, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun di aplikasi ini. Di Play Store atau App Store, Anda bisa mengunduhnya secara gratis.

Nantinya ketika mendaftar akun Telegram, Anda perlu menyiapkan nomor telepon yang berfungsi sehingga sistem dari Telegram dapat mengirim kode verifikasi. Kode tersebut dipakai untuk proses konfirmasi apakah akun yang dibuat sudah benar atau tidak.

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan mendapatkan akses untuk membuat ID Telegram. 

Perlu diperhatikan, Anda tidak dapat membuat akun Telegram di aplikasi desktop. Akan tetapi, Anda masih bisa masuk melalui akun seluler Anda.

Cara Membuat ID Telegram

Saat pertama kali dirilis aplikasi Telegram memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat, apalagi di Indonesia. Namun, sejak beberapa tahun terakhir Telegram telah menyita perhatian pengguna smartphone di tanah air dengan beragam fitur menarik di dalamnya.

Aplikasi Telegram sangat mirip dengan WhatsApp. Melalui Telegram, Anda bisa mengobrol bersama teman dan keluarga, melakukan panggilan video, mengadakan diskusi virtual, sampai mengirim voice chat ke pengguna lain. Secara keseluruhan, aplikasi ini akan membantu Anda dalam berkomunikasi.

Berbeda dengan aplikasi chatting kebanyakan, di Telegram Anda bisa membagikan akun Anda ke pengguna lain tanpa perlu menyertakan nomor telepon. Ini karena Telegram sudah menghadirkan fitur username, sehingga pengguna lain dapat menemukan akun Anda lebih mudah.

Username Telegram berfungsi sebagai ID akun Anda. Dengan kata lain, apabila Anda ingin membuat ID Telegram yang bagus dan terlihat menarik, cobalah untuk menyematkan nama pengguna yang bagus.

Supaya Anda bisa dengan mudah memahami cara membuat ID Telegram, ikuti tutorial singkat berikut ini:

1. Cara Membuat atau Merubah Username di Telegram

  • Buka aplikasi Telegram yang sudah dipasang di ponsel Anda. 
  • Kemudian Anda bisa menekan ikon tiga garis horizontal yang letaknya di sudut kiri atas layar.
  • Di bagian ini pilih bagian Pengaturan.
  • Setelah itu Anda dapat melihat tampilan dari profil akun Telegram milik Anda.
  • Untuk cara membuat ID Telegram, ketuk bagian username.
  • Lanjutkan dengan mengisi nama untuk username akun Telegram milik Anda. Pastikan nama yang dicantumkan tersedia dan belum dipakai oleh pengguna lain.
  • Jika sudah, Anda bisa ketuk tombol centang pada sudut kanan atas layar.
  • Tunggu beberapa saat sampai username Anda tersimpan.
  • Ikuti semua langkah-langkah di atas agar Anda memperoleh ID Telegram yang sesuai dengan keinginan Anda. Tidak hanya username, Anda juga bisa membuat ID Telegram lewat fitur kode QR.

2. Cara Membuat ID Telegram Melalui Kode QR

Kehadiran kode QR di Telegram sebenarnya bukan hal baru. Sebab, fitur ini sengaja ditambahkan untuk membantu penggunanya agar bisa lebih mudah mengakses layanan di Telegram versi desktop maupun web.

Jika Anda ingin tahu cara membuat ID Telegram dengan fitur kode QR, berikut kiat-kiat yang harus Anda ikuti:

  • Seperti biasa Anda harus membuka aplikasi Telegram di ponsel.
  • Setelah itu tekan ikon tiga garis horizontal yang ada di sudut kiri atas layar.
  • Pilih menu Pengaturan untuk membuat kode QR akun milik Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa melihat bagian profil akun Telegram.
  • Untuk membuat kode QR di Telegram, ketuk tombol yang berada di samping bilah pencarian.
  • Kemudian Anda bisa memilih desain kode QR Telegram sesuai keinginan Anda.
  • Jika sudah memilih desain yang cocok, tekan tombol Bagikan Kode QR.
  • Lalu Anda bisa memilih beberapa opsi untuk membagikan kode QR akun Telegram Anda.

Demikian pembahasan seputar cara membuat ID Telegram yang praktis dan mudah. Ikuti semua tutorial yang sudah dipaparkan di atas agar Anda bisa membagikan ID Telegram kepada pengguna lain.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait