Mengenal Skill, Tanggung Jawab, dan Tugas Barista

Barista adalah pekerja yang mampu membuat dan meracik kopi. Tugas barista tak hanya membuat kopi, tetapi memiliki pengetahuan seputar kopi, interaksi dengan pelanggan, dan lainnya.
Dwi Latifatul Fajri
5 Agustus 2022, 16:54
tugas barista
pexels.com/Quang Nguyen Vinh
Ilustrasi, seorang barista tengah menyiapkan minuman kopi.

Barista disebut juga seniman kopi yang memiliki pengetahuan luas tentang kopi. Keahlian barista adalah menyiapkan, menghias, dan menyajikan berbagai jenis minuman kopi pada pelanggan. Umumnya barista ditemukan di toko kopi atau coffee shop.

Coffee shop menjadi tempat populer untuk dikunjungi. Beberapa toko menyajikan ciri khas minuman kopi, tempat Instagramable, dan wifi untuk pembeli.

Pengertian Barista

Mengutip dari jura.com, kata barista bisa ditujukan pada perempuan atau laki-laki. Kata barista sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya penjaga bar. Dalam bahasa Italia, baristi ditujukan untuk laki-laki, sedangkan bariste untuk perempuan.

Kemudian kata barista diadopsi dalam bahasa Inggris yang artinya berubah. Dalam bahasa Inggris, barista adalah pekerjaan untuk menyiapkan dan menyajikan espresso. Barista menjadi pekerjaan profesional di kedai kopi.

Advertisement

Seorang barista menjadi ahli dalam membuat latte art, yaitu menciptakan gambar diatas kopi. Menjadi barista tidaklah mudah karena membutuhkan pengetahuan tentang kopi.

Bekerja menjadi barista perlu pelatihan terlebih dahulu. Mereka perlu mengetahui tentang proses pemanggangan kopi, merawat mesin, membuat espresso, dan pengetahuan lainnya.

Keahlian yang Harus Dimiliki Barista

Pekerjaan barista membutuhkan keahlian atau skill penting, seperti mampu menghafal resep, mempelajari, dan mengoperasikan peralatan. Selain itu barista membutuhkan komunikasi yang baik pada pelanggan. Mengutip dari indeed.com, berikut skill yang dibutuhkan barista:

  • Keahlian komunikasi yang baik
  • Ramah dan fokus pada kepuasan pelanggan
  • Mampu mengoperasikan peralatan pembuat kopi
  • Organisir dan efisien
  • Membangun hubungan baik dengan pelanggan
  • Menjaga lingkungan

Tugas Barista

Barista umumnya bekerja di coffee shop untuk meracik minuman kopi seperti espresso, cappuccino, dan latte. Proses pembuatan minuman ini membutuhkan racikan dan takaran untuk menghasilkan rasa yang enak. Berikut tugas barista:

  1. Menyambut pelanggan dengan baik
  2. Menerima pesanan makanan dan minuman
  3. Menyiapkan dan menyajikan minuman kopi mulai dari yang sederhana hingga rumit
  4. Menyiapkan dan menyajikan makanan sesuai pesanan pelanggan
  5. Menjawab pertanyaan pelanggan tentang menu
  6. Memberikan rekomendasi pilihan menu pada pelanggan
  7. Mempromosikan menu baru yang bisa dipilih oleh pelanggan
  8. Mengambil pembayaran dari pelanggan
  9. Menjaga lingkungan kerja tetap bersih
  10. Melakukan inventaris
  11. Evaluasi dan meningkatkan kualitas layanan
  12. Menambahkan menu baru minuman dan makanan

Barista biasanya bekerja di kedai kopi dan kafe. Selain membuat dan meracik kopi, mereka juga bekerjasama dengan staf kafe lain. Beberapa barista profesional meluangkan waktunya untuk mempelajari resep atau menyempurnakan resep terbaru. Tujuannya untuk menarik pelanggan mencoba menu baru tersebut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait