Memahami Cara Menghapus Akun LinkedIn Meski Akun Terduplikasi

Annisa Fianni Sisma
23 Desember 2022, 17:25
Cara Menghapus Akun LinkedIn
linkedin
Ilustrasi, logo LinkedIn.

Informasi yang dicantumkan pengguna LinkedIn dalam akunnya menjadi salah satu cara perekrut mencari kandidat terbaik yang sesuai untuk jabatan di perusahaannya. Namun, terkadang pengguna LinkedIn ingin mengetahui cara menghapus akun LinkedIn karena alasan tertentu.

Jika seorang pengguna menutup akun LinkedIn secara permanen, artinya seluruh informasi beserta data diri, foto profil, ringkasan, portofolio, deskripsi pekerjaan, riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, prestasi, skill, dan lain sebagainya pun turut terhapus. Seluruh informasi pengguna akan terhapus dari seluruh situs LinkedIn.

Namun, jika seorang pengguna memiliki akun LinkedIn Premium, maka pengguna dapat membatalkan akses akun Premium dan menggunakan akun Basic. Hal ini dapat menjadi pilihan sebelum benar-benar menghapus akun Linkedin.

Cara Menghapus Akun LinkedIn
Cara Menghapus Akun LinkedIn (PEXEL)
 

Catatan Setelah Akun Terhapus

Sebelum menempuh langkah-langkah cara menghapus akun LinkedIn, tentu pengguna perlu mengetahui beberapa ketentuan terkait akun LinkedIn yang sudah dihapus. Berikut ini beberapa catatan setelah akun LinkedIn terhapus.

  1. Pengguna tidak dapat mengakses koneksi maupun informasi apapun yang telah ditambahkan ke akun LinkedIn.
  2. Profil akun tidak akan dapat dilihat lagi melalui LinkedIn.
  3. Mesin pencarian seperti Google dan sejenisnya mungkin masih akan menampilkan informasi akun pengguna untuk sementara waktu. Pasalnya, Google dan mesin pencari sejenis akan mengumpulkan terlebih dahulu kemudian memperbaharui data pencarian.
  4. Rekomendasi keahlian di LinkedIn pun akan terhapus.
  5. Bagi pemilik akun Premium, grup LinkedIn, lisensi akun Premium harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum menutup akun Basic.
  6. Akun dapat dibuka kembali jika belum tertutup selama 14 hari. Namun, LinkedIn tidak dapat mengakses rekomendasi keahlian, undangan yang diabaikan atau belum direspon, influencer yang diikuti, keanggotaan grup, dan lain sebagainya.
  7. Tidak ada lagi pemberitahuan melalui email dan lain sebagainya.
Cara Menghapus Akun LinkedIn
Cara Menghapus Akun LinkedIn (PEXEL)
 

Cara Menghapus Akun LinkedIn

Apabila pengguna akun Linkedin telah benar-benar ingin menghapus akunnya, berikut ini beberapa langkah yang harus ditempuh dalam cara menghapus akun LinkedIn selengkapnya, dilansir dari linkedin.com.

  1. Klik Icon Profile di bagian atas halaman utama LinkedIn.
  2. Klik Pengaturan dan Privasi kemudian turun ke bawah.
  3. Klik Manajemen Akun pada bagian Preferensi Akun
  4. Klik Ubah
  5. Klik Tutup Akun
  6. Centang alasan penutupan akun dan klik ‘Next’.
  7. Masukkan kata sandi pengguna dan Tutup Akun LinkedIn.

Menghapus Lebih dari Satu Akun dengan Pemilik yang Sama

Pengguna LinkedIn terkadang memiliki lebih dari satu akun LinkedIn. Oleh karena itu, jika ingin menghapus akun yang terduplikasi, maka gabungkan akun terlebih dahulu sehingga LinkedIn pun mampu mendeteksi akun lain tersebut. Berikut ini langkah-langkah login kedua akun berdasarkan kondisi tertentu:

1. Jika Pengguna Berhasil Login Ke Kedua Akun

Setelah berhasil login ke kedua akun, maka langkah yang harus ditempuh yakni sebagai berikut:

  • Klik Ikon Profile di bagian atas halaman utama LinkedIn
  • Pilih Pengaturan dan Privasi
  • Pilih Manajemen Akun di Preferensi Akun
  • Klik Ubah
  • Klik Gabungkan Akun
  • Masukkan alamat email dan kata sandi akun yang ingin ditutup
  • Klik Kirim
  • Konfirmasikan bahwa pengguna telah menutup akun yang benar dan klik lanjutkan
  • Masukkan kata sandi akun yang ingin dipertahankan untuk mengonfirmasi kebenaran bahwa pengguna ingin melakukan penggabungan akun.
  • Klik Kirim

Namun, terdapat hal yang perlu diketahui terkait penggabungan akun ini. Beberapa item seperti konten profil tulisan, media, pengeditan, rekomendasi keahlian, artikel yang disimpan dan lain sebagainya akan terhapus.

2. Pengguna Tidak Bisa Login Karena Lupa Kata Sandi

Terkadang karena duplikasi akun tersebut, pengguna lupa dengan kata sandi yang digunakan. Oleh karena itu, berikut ini langkah untuk menyelesaikannya.

  • Buka halaman Login pada akun yang ingin digabungkan.
  • Klik Lupa Kata Sandi
  • Masukkan alamat email yang terdaftar ke akun yang ingin ditutup.
  • Klik Kirim Kode
  • Cek Email pengguna
  • Klik Link reset kata sandi yang dikirimkan ke alamat itu
  • Ikuti instruksi pada layar dan skenario di atas yang paling sesuai dengan situasi pengguna.

3. Pengguna Tidak Bisa Login Karena Tidak Dapat Akses Email

Jika ingin menggabungkan akun tetapi tidak mengetahui email yang didaftarkan, maka lakukan beberapa percobaan dengan @gmail dengan .com atau .co.id, atau sesuai dengan perusahaan yang menaungi. Jika pengguna mengingat alamat email tetapi tetap tidak bisa diakses, maka ikuti proses verifikasi identitas.

Setelah berhasil menggabungkan akun, maka pengguna pun dapat menghapus akun LinkedIn sekaligus. Jika ingin menghapus salah satu akun saja, maka setelah menerapkan cara di atas, tunggu 48 jam pasca akun ditutup dan tambahkan alamat email dari akun yang ditutup ke akun yang dipertahankan.

Perlu diketahui ketika menghapus akun LinkedIn maka diperlukan 72 jam agar profil publik pengguna dihapus dari LinkedIn. Demikian penjelasan terkait cara menghapus akun LinkedIn dengan mudah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait