7 Ide Permainan Seru untuk Acara Kumpul Outdoor yang Menyenangkan

Image title
Oleh Tifani
23 Desember 2022, 17:12
permainan seru untuk acara kumpul outdoor
Katadata
Ilustrasi, permainan seru untuk acara kumpul outdoor.

Menjelang libur akhir tahun, hal yang paling dinanti-nanti adalah bisa berkumpul bersama teman dan keluarga. Nah, agar momen berkumpul bersama tidak membosankan dan sibuk dengan gawa masing-masing, maka melakukan permainan seru bisa menjadi agenda utama.

Ada banyak ide permainan seru yang dapat dimainkan saat berkumpul bersama keluarga atau temen dekat. Apalagi jika tempat kumpul-kumpul tidak di dalam ruangan alias outdoor, ada banyak ide permainan seru untuk acara kumpul outdoor yang dapat dilakukan.

Melakukan aktivitas permainan outdoor dapat mendatangkan sederet dampak positif. Utamanya, dapat mempererat ikatan persaudaraan satu sama lain. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini sederet ide permainan seru untuk acara kumpul outdoor yang dapat dipertimbangkan.

1. Telur Jatuh

Ilustrasi permainan telur jatuh, Ragam permianan seru untuk acara kumpul outdoor
Ilustrasi permainan telur jatuh, Ragam permianan seru untuk acara kumpul outdoor (Katadata)

Telur jatuh adalah salah satu ide permainan seru untuk acara kumpul outdoor. Dalam permainan ini, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok.

Tiap kelompok akan diberi bahan-bahan seperti sedotan, koran bekas, selotip, dan sebagainya yang nantinya akan digunakan untuk merancang sebuah struktur bangunan sederhana.

Jika semua kelompok sudah selesai membuat rancangan struktur, setiap struktur akan diuji. Sebuah telur mentah akan dilemparkan dari ketinggian menuju struktur tersebut. Struktur yang berhasil mempertahankan telur agar tidak pecah adalah pemenangnya.

2. The Minefield

The Minefield atau ladang ranjau adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok. Kelompok ini bisa terdiri dari dua orang atau lebih. The Minefield harus dilakukan di area yang cukup luas. Dibutuhkan beberapa alat seperti balok maupun cone yang nantinya akan menjadi ranjau.

Dalam permainan ini, satu orang dari anggota kelompok akan ditutup matanya dan diminta menyebrangi ladang ranjau. Sementara anggota yang lain akan memberikan arahan kepada anggota yang matanya tertutup.

Dalam permainan ini, yang memberikan instruksi harus bisa menghindarkan anggota dengan mata tertutup dari ranjau. Selain menambah keseruan, permainan berikut akan menambah rasa saling percaya antar anggota.

3. Ular Naga

Ular naga bisa menjadi ide permainan seru untuk acara kumpul outdoor. Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah yang sama rata.

Setiap kelompok akan membentuk ular dengan cara memegang bahu temannya dan terus mengular ke belakang. Orang yang berada di paling depan disebut kepala, sementara yang paling belakang disebut ekor.

Setiap ular naga akan diposisikan berjarak kurang lebih 3 meter. Saat permainan dimulai, masing-masing kelompok akan mencoba memangsa ekor ular kelompok lainnya. Orang yang termangsa akan keluar dari permainan. Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang paling sedikit dimangsa bahkan tidak dimangsa sama sekali.

4. Kata Berantai

Permainan seru untuk acara kumpul outdoor selain ular naga, adalah kata berantai. Setiap peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan berbaris dalam satu garis lurus.

Sementara itu, dibutuhkan satu orang peserta yang tidak ikut berkelompok guna menjadi fasilitator. Saat games dimulai, fasilitator akan membisikkan sebuah kalimat kepada peserta paling depan.

Setelah itu, peserta paling depan akan menyampaikan kalimat tersebut kepada peserta di belakangnya dan begitu seterusnya hingga mencapai peserta paling belakang. Peserta paling belakang akan diminta oleh fasilitator untuk menyebut kalimat yang dimaksud.

Kelompok yang menang adalah yang rangkaian kalimatnya tidak berubah hingga akhir. Dalam permainan ini, kalimat yang digunakan harus sulit. Contoh kalimat yang bisa digunakan di antaranya:

  • Kiki terkikik-kikik bersama kakek-kakek dan kakak-kakak sampai kaku kaku.
  • Nenek Ninik adalah nenek dari anak nenek Ninik yang namanya Ninuk.
  • Kaki koki di kedai Kiki punya kaki seperti kaki kakek Koko.

5. Kubus Sempurna

Ide ide permainan seru untuk acara kumpul outdoor lainnya yang dapat dijadikan referensi, adalah kubus sempurna. Peralatan yang dibutuhkan dari permainan ini yaitu sebuah tali yang panjang yang diikat bersama penutup mata setiap tim.

Cara bermain dari permainan outbound ini, adalah terdiri dari tim berdiri dalam lingkaran memegang tali. Kemudian, semua tim memakai penutup mata dan taruh tali di lantai. Lalu, setiap tim mundur sedikit dari lingkaran.

Setelah itu, mintalah semua tim untuk maju dan berusaha membentuk sebuah kubus tanpa membuka penutup mata. Selain bertujuan untuk melatih kebersamaan, jenis permainan ini juga berfokus pada komunikasi yang kuat dan skill kepemimpinan.

6. Memindahkan Karet

Ilustrasi Gelang Karet, Ragam permianan seru untuk acara kumpul outdoor
Ilustrasi Permainan memindah Gelang Karet, Ragam permianan seru untuk acara kumpul outdoor (Katadata)

Memindahkan karet dapat menjadi pilihan permainan seru untuk acara kumpul outdoor. Jenis permainan ini bertujuan untuk kebersamaan dan melatih kesabaran supaya berhati-hati melakukan sesuatu.

Adapun alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah karet sejumlah tim yang ada dan sedotan atau korek api. Setelah itu, cara bermainnya yaitu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok.

Setiap kelompok berdiri dan berbaris berbanjar, lalu setiap orang memegang sedotan menggunakan mulut. Pemandu akan menaruh karet gelang di sedotan orang yang berada pada barisan paling depan.

Kemudian, karet gelang dipindahkan melalui sedotan hingga sampai ke orang terakhir. Kalian akan dinyatakan menang jika memindahkan karet gelang dengan cepat.

7. Bola Estafet

Ilustrasi Bola Estafet permianan seru untuk acara kumpul outdoor
Ilustrasi Bola Estafet permianan seru untuk acara kumpul outdoor (Katadata)

Selanjutnya, jenis permianan seru untuk acara kumpul outdoor yaitu bola estafet. Permainan ini hampir sama dengan memindahkan karet. Hanya alat yang digunakan berbeda. Adapun cara bermainnya yaitu membagi tim, setelah itu setiap tim memegang sendok dengan mulut mereka.

Lalu, dibagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan berdiri di sebelah kanan lapangan dan bagian kiri berdiri di bagian kiri lapangan.

Setiap kelompok harus berusaha memindahkan bola pingpong dari sebelah kiri ke sebelah kanan dan sebaliknya, sampai semua anggota kelompok ikut bermain. Kalian akan dinyatakan menang jika memindahkan bola dengan cepat. Permainan yang satu ini memang dibutuhkan kerjasama yang kuat supaya dapat menyelesaikan tantangan bola tanpa terjatuh.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait