10 Contoh Hiasan Dinding dan Alat Musik dari Barang Bekas

Hiasan dinding dan alat musik dari barang bekas memiliki nilai guna. Anda bisa membuat hiasan dan alat musik mainan dari barang bekas pakai. Berikut kreasi barang bekas yang bisa dicoba
Dwi Latifatul Fajri
25 Desember 2022, 01:26
Alat Musik dari Barang Bekas
The Bay Club Blog
Ilustrasi, hanging jar.

Memanfaatkan barang bekas untuk hiasan dinding dan alat musik bisa jadi ide kreasi. Pemanfaatan barang bekas juga mengurangi pencemaran limbah sampah non organik. Ada berbagai barang yang bisa diubah ke karya seni.

Contohnya saja kaleng bekas, sendok, koran, dan majalah. Anda bisa membuat hiasan dinding untuk tampilan rumah. Penggunaan warna-warna cerah bisa menampilkan sisi yang bagus untuk rumah. Hiasan dinding seperti lukisan, tirai, dan hiasan kayu bisa jadi pilihan.

Selain hiasan dinding, anda bisa membuat prakarya alat musik dari barang bekas. Meski suaranya tidak merdu, alat musik ini bisa jadi mainan untuk anak anda. Membuat prakarya juga membantu anak untuk kreatif dan inovatif. Berikut rekomendasi hiasan dinding dan alat musik dari barang bekas.

Alat Musik dari Barang Bekas

1. Drum Kaleng Bekas

Drum Kaleng
Drum Kaleng (http://mutiaradevi.blogspot.com/)

 

Kaleng susu bekas, kaleng cat, atau bekas makanan kaleng bisa jadi alat musik. Anda bisa membuat drum kaleng sederhana untuk dimainkan anak anda. Bahan yang dipakai yaitu kaleng bekas, lakban, dan cat.

Sebelum dibuat prakarya, bersihkan terlebih dahulu kaleng bekas. Kemudian lapisi kaleng yangs sudah bersih dengan lakban. Anda bisa mengumpulkan beberapa kaleng dan merekatkan dengan lem. Kemudian beri cat pada kaleng supaya penampilannya menarik. Beri sendok kayu sebagai alat pemukul untuk dimainkan pada anak.

2. Gitar Kotak Bekas

Mengutip dari generasi maju.co.id, gitar mainan bisa dibuat dari kotak bekas. Bahan-bahan yang dipakai yaitu kotak sereal bekas dan karet gelang.

Cara membuat gitar mainan ini yaitu lubangi satu sisi kotak sereal bekas. Kemudian pasang senar dari karet gelang. Pasang karet gelang dari ujung ke ujung. Terakhir, berikan kertas karton tambahan untuk bagian atas kotak. Kertas karton ini sebagai pegangan gitar.

3. Krencengan Koran Bekas

Krencengan adalah alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul. Pukulan krencengan ini menghasilkan bunyi merdu. Anda bisa membuat krencengan dari koran, kertas bekas, atau plastik. Caranya buat piringan kertas yang dilubangi sepanjang pinggiran. Kemudian lubang tersebut dipasangi lonceng. Ketika dimainkan akan menghasilkan bunyi.

4. Seruling Sedotan

Sedotan bekas bisa menjadi seruling ketika dimainkan anak-anak. Sebelum membuat prakarya, anda terlebih dulu membersihkan sedotan menggunakan air. Siapkan beberapa bahan seperti selotip, gunting dan kertas origami.

Berikut cara membuat seruling sedotan:

  • Siapkan 6 sampai 8 sedotan
  • Gunting dua pasang sedotan berukuran sama, kemudian potong 3 sampai 4 pasang sedotan berukuran panjang dan pendek
  • Urutkan sedotan berdasarkan panjang, lalu rekatkan menggunakan selotip
  • Kencangkan selotip supaya sedotan memadat
  • Pakai kertas origami untuk menutupi selotip
  • Gunakan lem untuk merekatkan kertas origami ke selotip

5. Kastanyet Tutup Botol Kaleng

Kastanyet
Kastanyet (Delachieve.com)

 

Kastanyet adalah alat musik dari kayu yang dihubungkan menggunakan tali. Ketika kastanyet menutup akan menghasilkan suara. Kastanyet bisa dibuat dari tutup botol kaca yang bisa dimainkan dengan ibu jari.

Berikut cara membuat kastanyet:

  • Siapkan kardus tipis atau karton tebal bekas. Potong membentuk persegi panjang oval yang memanjang.
  • Beri warna atau hiasan untuk kardus
  • Lipat kardus bekas secara horizontal
  • Siapkan lem tembak untuk merekatkan tutup botol kaca. Lem tutup botol kaca ke ujung kardus
  • Kastanyet dapat dimainkan dengan ibu jari

Hiasan Dinding dari Barang Bekas

1. Hiasan Kipas dari Majalah

Hiasan kipas dari majalah bekas bisa jadi ide membuat hiasan dinding. Cara membuatnya cukup mudah yaitu potong lembaran majalah bekas. Kemudian bentuk potongan majalan menjadi lingkaran menggunakan lem. Setelah membentuk kipas lingkaran, anda bisa memajang ke dinding. Anda bisa menggunakan selotip, paku, atau lem perekat kuat untuk memasang.

2. Hiasan Cermin dari CD Bekas

CD
CD (Romadecade)

 

Memiliki CD dan DVD yang sudah rusak bisa dibuat hiasan dinding menarik. Anda bisa membuat kolase dari potongan CD bekas untuk dinding rumah. Alat yang dibutuhkan yaitu kanvas, CD bekas yang dipotong kecil-kecil, dan lem. Setelah kepingan CD dipotong, rekatkan ke kanvas menggunakan lem tembak.

3. Hiasan Dinding dari Kayu

Kayu bekas yang sudah tidak terpakai bisa jadi hiasan dinding. Anda bisa menyusun kartu menjadi beberapa bagian, kemudian rekatkan dengan lem. Sebelumnya potong kayu bekas terlebih dahulu. Lalu susun potongan kayu dari panjang ke pendek secara horizontal.

4. Hiasan Tirai dari CD

CD bekas bisa dibuat hiasan tirai yang unik dan menarik. CD bekas ini tidak perlu dibuat kepingan seperti membuat hiasan dinding. Cara membuat hiasan tirai dari CD yaitu lubangi bagian ujung atas dan bawah CD. Kemudian pakai penjepit kertas, tali, atau kawat untuk menghubungkan antar CD.

5. Hanging Jar

Toples gantung atau hanging jar bisa jadi ide kreasi hiasan dinding. Anda bisa menggunakan gelas kaca yang bisa ditutup atau toples kecil. Anda bisa memasang toples gantung di pagar rumah. Cara membuatnya yaitu siapkan toples kaca bekas, lalu lubangi bagian tutupnya. Pakai kawat sebagai gantungan toples di pagar. Masukkan hiasan di dalam toples bekas.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait