9 Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Mudah Dibuat Sendiri

Kerajinan tangan yang mudah dibuat sendiri bisa memakai barang bekas di rumah. Contoh kerajinan tangan dari barang bekas yaitu vas bunga dari lampu bohlam, wadah dari kotak kardus, dan bungkus kado.
Dwi Latifatul Fajri
24 Januari 2022, 10:51
Kerajinan Tangan
pixabay.com/stevepb
Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Kerajinan tangan dari barang bekas bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Contoh kerajinan tangan dari kaleng susu, dapat dibentuk dan dihias menarik menjadi tempat pensil. Selain itu, membuat kerajinan tangan di waktu luang, sekaligus bisa menyalurkan hobi.

Anda bisa memanfaatkan barang bekas yang tidak dipakai. Kerajinan tangan yang unik dan menarik ini bisa menjadi bisnis sampingan jika dilakukan dengan serius. Anda bisa mencoba untuk membuat kerajinan tangan simpel atau sederhana.

Ada pilihan yang bisa dicoba untuk Anda yang ingin kreasi dan inovasi membuat kerajinan tangan. Untuk membuat kerajinan tangan yang mudah dibuat sendiri, Anda bisa membeli bahan dan alat sederhana. Berikut contoh untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

1. Wadah Lilin dari Kaleng Bekas

Contoh kerajinan tangan yang mudah dibuat sendiri adalah wadah lilin dari kaleng bekas. Alat dan bahan yang diperlukan seperti kaleng susu bekas, paku, palu, kuas, dan cat.

Advertisement

Cara membuat wadah lilin dari kaleng bekas yaitu:

  • Bersihkan kaleng bekas terlebih dahulu
  • Setelah itu lubangi sekeliling kaleng sesuai bentuk yang diinginkan, misalnya bentuk daun, kotak, lingkaran, atau persegi
  • Kemudian cat kaleng bekas sesuai selera
  • Lalu keringkan kaleng bekas yang sudah dicat
  • Setelah itu kaleng siap digunakan untuk wadah lilin
  • Lubang yang dibentuk akan mengeluarkan cahaya lilin untuk hiasan di kamar atau ruang tamu

2. Bungkus Kado dari Rol Tisu Toilet

Ide kerajinan tangan dari barang bekas adalah bungkus kado dari roll tisu toilet. Anda bisa memanfaatkan rol tisu toilet yang terbuat dari kertas karton untuk kado.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan seperti gunting, kertas kado, tali, lem, dan pewarna. Anda bisa mengubah roll tisu toilet menjadi bungkus kado mini untuk hadiah teman atau kerabat Anda.

3. Vas Bunga dari Bohlam Bekas

Kerajinan tangan simple yang bisa dibuat adalah vas bunga dari bohlam bekas. Jika Anda memiliki lampu bohlam yang sudah rusak, cobalah untuk membuat kerajinan tangan ini.

Cara membuat vas bunga dari bohlam bekas yaitu:

  • Siapkan paku, palu, kawat, dan tang
  • Pakai tang untuk mencabut bagian bawah logam perlahan
  • Lakukan secara hati-hati supaya bagian bohlam tidak pecah
  • Setelah itu pakai kunci L untuk menghancurkan bagian dalam lampu bohlam secara hati-hati
  • Pakai tang untuk mencabut bagian gagang bohlam
  • Setelah itu bersihkan lampu bohlam memakai air bersih
  • Kemudian Anda bisa memasukkan tanaman air ke dalam bohlam
  • Atau bohlam yang sudah bersih bisa diisi dengan tanaman palsu yang dipajang di ruang tamu atau halaman depan

4. Botol Bekas untuk Tempat Pensil

Botol-botol minuman yang terbuat dari bahan plastik bisa dimanfaatkan menjadi tempat pensil. Kerajinan tangan ini bisa dibuat sendiri.

Anda bisa membelah botol menjadi dua bagian. Kemudian botol yang memiliki penutup bisa dicat atau dibentuk menarik untuk wadah pensil.

5. Sarung Tangan dari Boneka

Sarung tangan terbuat dari kain yang bisa dimanfaatkan untuk bahan kerajinan. Sarung tangan yang tidak terpakai bisa dikumpulkan.

Kemudian siapkan alat jahit dan kapuk untuk membuat boneka dari sarung tangan. Membuat sarung tangan ini membutuhkan keahlian menjahit supaya bentuk jahitan boneka bisa lebih rapi.

Anda bisa membuat boneka beruang, boneka berbentuk manusia, dan bentuk sesuai selera. Setelah menjahit boneka, jangan lupa masukkan kapuk supaya boneka bisa mengembang.

6. Kaleng Bekas untuk Tempat Sendok

Kaleng bekas bisa dimanfaatkan kembali untuk tempat sendok. Anda bisa menghiasi kaleng bekas lebih berwarna untuk tempat sendok. Untuk hiasan dan motif luar kaleng bisa mencari inspirasi melalui internet.

7. Styrofoam untuk Papan Catatan

Styrofoam bekas bisa dimanfaatkan untuk ditempel di ruang belajar. Styrofoam bisa dibentuk menjadi lingkaran, persegi, atau segitiga untuk papan memo atau catatan.

Anda bisa berkreasi mewarnai styrofoam menjadi warna-warna menarik. Cara ini praktis untuk memanfaatkan styrofoam bekas dari barang elektronik.

8. Keset dari Kaos

Kaos, baju, dan celana yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk keset. Cara membuat keset dari pakaian bekas ini membutuhkan beberapa cara.

  • Pertama potong beberapa bagian baju memakai penggaris, sehingga potongan antarbagian sesuai
  • Sisakan bagian atas yang tidak terpotong, kira-kira 3-5 sentimeter.
  • Kemudian tarik dan untai lapisan baju yang sudah digunting
    Setelah itu pilih dua pakaian bekas dengan warna senada
  • Kemudian kepang ketiga potongan pakaian
  • Buat kepangan keset sampai memanjang
  • Anda bisa membuat pola melengkung kemudian disatukan
  • Jika tidak menyatu, Anda bisa memakai mesin jahit untuk menyatukan kepangan kain
  • Setelah selesai membuat kepangan tali dari baju, Anda bisa memotong bagian ujung lalu menyelipkan bagian bawah kemudian dijahit
  • Setelah itu keset menggunakan setrika yang panas

9. Kotak Penyimpanan dari Kardus

Memiliki kardus dan karton tebal bisa dimanfaatkan untuk wadah barang. Contohnya wadah kunci, buku kecil, atau wadah tisu. Alat yang dibutuhkan yaitu kardus bekas, gunting, lem, penggaris, selotip, dan pewarna.

Anda bisa membuat ukuran kardus sesuai keinginan. Setelah itu, beri hiasan atau warnai kotak sesuai selera. Kotak kardus ini bisa dipakai untuk wadah dan barang-barang kecil.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait