Mencermati 8 Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan

Image title
11 Januari 2023, 13:36
Manfaat Daun Gedi
Pixabay
Ilustrasi, daun gedi.

Daun gedi merupakan sayuran populer yang kerap digunakan sebagai sayuran dalam hidangan khas Sulawesi Utara, termasuk dalam bubur manado. Selain itu, daun gedi telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional atau bahan herbal. 

Daun gedi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan mulai dari kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Kandungan inilah yang membuat daun gedi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Daun Gedi

Daun gedi merupakan salah satu sayuran yang diyakini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini delapan manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran ini.

Manfaat Daun Gedi
Manfaat Daun Gedi (Pixabay)

1. Meredakan Nyeri

Daun gedi dipercaya dapat membantu meredakan nyeri. Hal ini dikarenakan daun gedi  memiliki kandungan senyawa bioaktif yang memiliki efek analgesik atau anti nyeri.

Karena manfaatnya nini, daun gedi sering dijadikan jus sebagai obat alternatif untuk berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah nyeri pada bagian tubuh tertentu terutama akibat keseleo atau terkilir.

Walaupun begitu, efektivitas analgesik pada daun gedi ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit mematikan. Psalnya, bila tidak ditangani hipertensi diam-diam dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian.

Nama penyakit ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi daun gedi secara rutin.. Hal ini dikarenakan daun gedi mengandung polifenol atau tanin terkondensasi, falbo, dan fenolik yang terbukti dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu kandungan yang utama dalam daun gedi adalah polifenol berupa tanin terkondensasi, fenolik, dan flavonoid. Ketiga kandungan tersebut telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Jika kadar LDL dalam tubuh semakin tinggi, maka semakin tinggi juga kemungkinan tubuh mengalami respon peradangan yang berujung munculnya sel-sel busa atau fatty streak.

Fatty streak merupakan lesi awal terbentuknya aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam arteri. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah. 

4. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang adalah penyakit ginjal. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh produk limbah dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh.

Kondisi ini lama kelamaan akan menyebabkan beberapa masalah seperti pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemas, susah tidur, dan sesak nafas. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun gedi secara rutin sebagai pengobatan tradisional.

Hal ini dikarenakan daun gei mengandung senyawa flavonoid, polifenol, saponin, dan tanin. Ketiga kandungan tersebut dapat membantu dalam proses penyembuhan berbagai penyakit seperti gangguan saat buang air kecil atau batu ginjal.

Manfaat Daun Gedi
Manfaat Daun Gedi (Pixabay)

5. Melawan Sel Kanker

Daun gedi dikenal mengandung senyawa yang memiliki efek anti kanker, antioksidan, dan anti inflamasi. Menurut beberapa penelitian, ekstrak daun gedi bermanfaat untuk melawan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya seperti kanker payudara, kanker darah, dan kanker lambung.

Daun gedi bahkan juga dapat digunakan sebagai obat anti-multiple myeloma. Namun hingga saat ini daun gedi belum terbukti memiliki efektivitas yang sama dengan operasi, kemoterapi, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker. 

6. Melancarkan Haid

Daun gedi dipercaya dapat melancarkan haid/menstruasi. Hal ini dikarenakan air rebusan daun gedi memiliki sifat  emmenagogue atau melancarkan sirkulasi haid.

Melihat manfaatnya ini, maka tidak ada salahnya bagi wanita yang mengalami masalah menstruasi untuk minum air rebusan daun gedi. Hal ini perlu dilakukan agar darah kotor yang ada selama haid dapat segera keluar dari tubuh.

Tidak hanya untuk hadi, daun gedi ternyata juga bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan dan masih dalam masa nifas. Walaupun begitu, manfaat daun gedi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya.

7. Mengatasi Anemia

Tubuh memerlukan banyak nutrisi termasuk zat besi agar tetap sehat. Zat besi sendiri diperlukan tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah atau hemoglobin.

Jika tubuh kekurangan zat besi, maka sel darah merah juga akan mengalami kekurangan pasokan hemoglobin, yang berperan untuk mengangkut oksigen dalam sel darah merah untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. Tanpa adanya pasokan oksigen yang cukup dalam darah, maka bisa mengakibatkan tubuh menjadi  letih, lelah, bahkan sesak nafas.

Namun dengan mengkonsumsi daun gedi secara rutin, masalah tersebut bisa teratasi. Pasalnya, daun gedi kaya akan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita anemia.

8. Mengatasi Sembelit bagi Ibu Hamil

Sembelit merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh sekitar 30-40 persen wanita hamil. Hal ini bisa terjadi dikarenakan tekanan oleh uterus yang semakin membesar ke atas rektum serta hormon-hormon yang memperlambat proses pencernaan.  

Zat besi yang dikonsumsi selama masa kehamilan juga bisa menjadi penyebab sembelit. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya perlu mengkonsumsi daun gedi secara rutin.

Daun gedi mengandung vitamin yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Selain itu, daun gedi aman dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping negatif pada janin

Demikian informasi delapan manfaat daun gedi bagi kesehatan. Meskipun diyakini baik untuk kesehatan, namun sebagian besar manfaat di atas masih perlu diteliti lebih lanjut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait