Memahami Pengertian, Ciri, dan Syarat Terjadinya Penyerbukan Zodiogami

Jelaskan yang dimaksud penyerbukan zodiogami menjadi pertanyaan yang sering dijumpai dalam mata pelajaran Biologi. Berikut ulasan lengkap terkait definisi, syarat dan contohnya.
Image title
20 Januari 2023, 13:10
Jelaskan yang Dimaksud Penyerbukan Zodiogami
Unsplash
Ilustrasi, burung kolibri membantu proses penyerbukan.

Dalam mata pelajaran Biologi terkadang siswa diminta untuk jelaskan yang dimaksud penyerbukan zodiogami. Ini merupakan proses penyerbukan pada tanaman berdasarkan faktor penyebabnya. Singkatnya zodiogami merupakan penyerbukan dengan bantuan hewan.

Proses penyerbukan oleh hewan dan serangga kerap dianggap lebih efisien daripada angin. Penyerbukan zodiogomi menguntungkan hewan karena memberikan nektar dan menguntungkan tanaman karena memberikan transfer langsung serbuk sari dari satu tanaman ke putik lain.

Bunga angiosperma kerap teradaptasi dalam penyerbukan oleh serangga dan hewan lainnya. Bunga angiosperma dalam Biologi dikenal sebagai golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dan memiliki struktur tubuh lengkap di antaranya akar, batang, daun dan bunga.

Definisi Penyerbukan Zodiogami

Proses penyerbukan pada bunga
Penyerbukan Zodiogami (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, proses penyerbukan zodiogami dibantu oleh hewan. Berikut beberapa hewan yang membantu proses penyerbukan bunga:

  • Serangga (Enthomophily) di antaranya semut, tawon, lebah biasa, kumbang, lebah madu, kupu-kupu, dan lalat buah.
  • Burung (Zoophily) di antaranya burung cucak rawa, burung kutilang, burung penghisap madu atau burung pipit.
  • Siput atau keong

Sementara itu, ciri-ciri penyerbukan zodiogami atau dengan bantuan hewan pada bunga yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki kelenjar manus madu.
  • Memiliki mahkota bunga yang berwarna terang.
  • Serbuk sari sedikit lengket dan berlendir.
  • Kepala putik hampir tidak terlihat.
  • Bunga berbau harum. Adapun contoh penyerbukan zodiogami di antaranya melati, kemuning, bunga matahari dan lainnya.

Syarat Terjadinya Penyerbukan Zodiogami

Proses penyerbukan pada tanaman melibatkan pengangkutan serbuk sari dari benang sari ke putik untuk proses pembuahan. Ketika dibuahi, tanaman tersebut akan menghasilkan buah, biji dan berkembangbiak Melansir dari Science.jrank.org, berikut syarat terjadinya penyerbukan zodiogami:

  • Angiosperma: Tanaman yang menghasilkan biji di dalam ovarium bunga matang dan biasanya disebut sebagai tanaman berbunga.
  • Koevolusi: Evolusi dua atau lebih spesies yang saling berinteraksi erat sehingga evolusi atau spesies mempengaruhi evolusi spesies lainnya
  • Gametofit: Generasi penghasil gamet haploid dalam siklus hidup tanaman.
  • Gimnospermae: Tanaman yang menghasilkan biji telanjang atau bukan dalam ovarium yang matang.
  • Haploid: Nukleus atau sel yang mengandung satu salinan dari setiap kromosom.
  • Ovula: Gametofit haploid betina dari tanaman berbiji yang berkembang menjadi biji setelah proses pembuahan oleh serbuk sari.
  • Serbuk sari: Gametofit jantan dari tanaman berbiji yang menyatu dengan bakal biji untuk membentuk biji.

Contoh Hewan yang Membantu Proses Penyerbukan Zodiogami

Jenis Penyerbukan Pada Bunga Berdasarkan Asal Serbuk Sari
Contoh Hewan yang Membantu Proses Penyerbukan Zodiogami  (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terkait pembahasan jelaskan yang dimaksud penyerbukan zodiogami ini tentunya tidak terlepas dari bagaimana peran hewan sebagai polinator atau vector. Pollinator membantu menyebarkan sel bunga jantan ke putik betina. Berikut beberapa hewan yang termasuk polinator:

1. Kumbang

Kumbang termasuk hama pertanian dan industri yang membantu spesies tanaman kuno seperti magnolia dan rempah-rempah. Kumbang ini memakan serbuk sari, nektar atau bunga yang perannya cukup penting. Kumbang biasanya hinggap di bunga yang kusam dan buah terbuka pada siang hari.

2. Burung

Burung berperan dalam membantu penyerbukan tanaman dan terkenal sebagai penyerbuk, contohnya burung kolibri, honeycreeper di Hawaii dan honeyeater di Australia. Ada juga burung cicap yang biasa dijumpai di pohon kelapa untuk menghisap bunganya yang wangi dan bertindak sebagai pollinator.

3. Kelelawar

Kelelawar merupakan hewan yang aktif di malam hari dan membantu proses penyerbukan beberapa bunga yang tumbuh di daerah tropis dan gurun seperti wilayah Asia Tenggara, Afrika dan Kepulauan Pasifik.

Kelelawar biasanya hinggap di atas bunga yang terbuka saat malam hari, harum, memiliki kelopak besar, pucat, harum dan mengandung nektar encer seperti durian. Tidak hanya membantu penyerbukan nektar tetapi juga memakan serangga yang terdapat pada bunga, contohnya pisang, mangga, jambu biji dan agave.

4. Lalat

Spesies lalat dianggap sebagai hewan yang membantu proses penyerbukan kakao. Dengan bantuan lalat, kita bisa merasakan cokelat yang gurih dan lezat. Lalat biasanya hinggap di bunga dengan bau menyengat seperti poran dan Rafflessia.

Lalat merupakan penyerbukan dengan mengambil beberapa serbuk sari yang menempel dalam tubuh saat hinggap di tanaman untuk meminum nektar. Dengan begitu, secara tidak langsung lalat bisa membantu proses penyerbukan.

5. Kupu-kupu

Kupu-kupu membantu proses penyerbukan seperti lebah namun tidak mampu mengambil serbuk sari sebanyak lebah karena tubuh kupu-kupu yang tinggi dan ramping. Kupu-kupu menyukai bunga berwarna cerah, merah, oranye dan kuning. Selain itu, kupu-kupu mengandung nektar, kaliandra dan bunga matahari.

Beberapa informasi ini bisa membantu Anda untuk jelaskan yang dimaksud penyerbukan zodiogami. Beberapa hewan yang membantu proses penyerbukan di antaranya kumbang, burung, kelelawar, lalat dan kupu-kupu.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait