Cara Kerja di Jepang Lewat Kemnaker dan Lembaga Pelatihan Kerja

Anggi Mardiana
26 Januari 2023, 17:01
Cara Kerja di Jepang
Unsplash
Ilustrasi, negara Jepang.

Bagi Anda yang berminat kerja di negara Sakura, informasi mengenai cara kerja di Jepang berikut ini penting disimak. Seperti diketahui, Jepang menjadi salah satu negara pusat perekonomian dunia dengan tingkat transaksi ekonomi serta upah yang tergolong tinggi dibandingkan negara lain. Tidak heran jika negara satu ini menjadi salah satu tujuan dari para pencari kerja.

Meski demikian, bekerja di Jepang berbeda dibandingkan dengan bekerja di negara lain. Sebab, dunia kerja "Negeri Matahari Terbit" ini, memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi dan menuntut etos kerja yang maksmal.

Advertisement

Oleh karena itu, para pencari kerja perlu mengetahui seluk-beluk tentang cara kerja di Jepang, terkait keterampilan bahasa, serta hal-hal non-teknis lainnya, seperti membiasakan disiplin diri. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Sekilas tentang Budaya Kerja di Jepang

Ilustrasi Budaya Kerja di Jepang
Ilustrasi Budaya Kerja di Jepang (Unsplash)

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja di Jepang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana budaya kerja di Jepang. Berikut budaya kerja di Jepang, dilansir dari We-xpats.com:

1. Disiplin yang Tinggi

Jepang memiliki rasa disiplin yang tinggi dan perfeksionis. Hal ini membuat jadwal kerja bisa tertata dengan rapi. Selain itu, waktu kerja dihitung dengan teliti sehingga jangan sampai Anda menyepelekan waktu kerja di Jepang. Sekali dapat image jelek maka sulit untuk mengembalikan kepercayaan.

2. Bekerja dengan Detail

Orang Jepang bekerja dengan detail. Mereka selalu memperhatikan pekerjaan yang dianggap tidak penting bagi banyak orang. Karena budaya kerja inilah, barang-barang yang diproduksi oleh Jepang memiliki kualitas bagus.

3. Berdedikasi Tinggi

Dalam melakukan pekerjaan, masyarakat Jepang selalu bersikap dengan totalitas dan memiliki dedikasi tinggi. Mereka bisa memulai pekerjaan 30 menit sebelum jam kerja untuk mempersiapkan beragam kebutuhan kerja. Hal ini membuat pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

4. Tidak Membedakan Pekerjaan

Budaya kerja Jepang juga tidak membedakan pekerjaan. Jadi saat bekerja di Jepang, setiap orang harus siap melakukan beragam jenis pekerjaan. Bahkan harus siap melakukan pekerjaan meski tidak disukai. Karena itu orang, Jepang banyak yang tidak meremehkan jenis pekerjaan.

5. Sistem Kerja Senior-Junior Positif

Dalam sistem kerja yang diterapkan beberapa perusahaan Jepang memang masih ada sistem junior-senior yang kental. Adanya sistem senior mengajarkan rasa hormat bagi junior terhadap atasan. Namun di samping itu, junior juga memiliki hak untuk diajari oleh atasan.

6. Kebiasaan Lembur

Lembur jadi budaya yang cukup erat dengan pekerja Jepang. Lembur banyak dilakukan oleh sebagian besar pekerja. Sistem kerjanya yaitu berangkat di awal waktu dan pulang terakhir. Budaya kerja seperti ini tidak sepenuhnya baik sehingga pemerintah Jepang perlu membuat aturan untuk mengurangi jam lembur.

Bagaimana Cara Kerja di Jepang?

Ilustrasi cara kerja di Jepang
Ilustrasi cara kerja di Jepang (Unsplash)

Tidak sedikit yang memiliki impian untuk bekerja di Jepang. Hal ini mengartikan bahwa banyak hal yang perlu disiapkan. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Lewat Kementerian Ketenagakerjaan

Cara kerja di Jepang lewat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bisa dipertimbangkan agar lebih aman. Sebab, pemerintah melalui Kemnaker karena telah bekerja sama dengan International Manpower Development Organization Japan (IM-Japan). Jalur negeri ini biasanya dibuka satu tahun sekali.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement