Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 215 dan 216
Kekongruenan bangun datar merupakan salah satu materi yang dipelajari di kelas 9. Kongkruen sendiri merupakan kondisi ketika dua bangun datar mempunyai ukuran yang sama dan bisa dikatakan sebangun.
Mengingat pentingnya materi ini, siswa dihimbau untuk belajar giat dengan cara mempelajari berbagai soal latihan dan kunci jawabannya untuk mempermudah proses belajar.
Salah satunya yaitu dengan mempelajari soal dan kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 215 dan 216. Dalam praktiknya, siswa diharapkan untuk mengerjakan soalnya terlebih dahulu secara mandiri sebelum melihat kunci jawabannya sebagai pembanding.
Berikut di bawah ini informasinya.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 215 dan 216
Berikut ini soal dan kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 215 dan 216 yang bisa digunakan sebagai bahan belajar.
10) Analisis Kesalahan
Soal nomor 10 Latihan 4.1 buku Matematika kelas 9 halaman 215
Jelaskan dan perbaikilah pernyataan yang salah berikut.
“Kedua bangun di samping mempunyai empat sisi dan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, jadi kedua bangun tersebut kongruen”
Jawaban:
Dua bangun tersebut mempunyai empat sisi dan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, tetapi sudut-sudut yang bersesuaian tidak sama besar, jadi dua bangun tersebut tidak kongruen.
11) Benar atau Salah
Soal nomor 11 Latihan 4.1 buku Matematika kelas 9 halaman 215.
Trapesium pada gambar di samping ini kongruen.
Tentukan pernyataan berikut ini benar atau salah.
Jelaskan.
Besar ∠Z = 140o
Besar ∠C = 40o
Sisi WZ bersesuaian dengan sisi CB
Keliling bangun ABCD sama dengan keliling WXYZ.
Luas bangun ABCD tidak sama dengan luas WXYZ.
Jawaban:
- Besar ∠Z =140° (Benar)
- Besar ∠C =40° (Benar)
- Sisi WZ bersesuaian dengan sisi CB (Benar)
- Keliling bangun ABCD sama dengan keliling WXYZ (Benar)
- Luas bangun ABCD tidak sama dengan luas WXYZ (Salah)
12) Bernalar
Soal nomor 12 Latihan 4.1 buku Matematika kelas 9 halaman 215
Gambar di samping menunjukkan dua cara menggambar satu garis untuk membagi persegi panjang menjadi dua bangun yang kongruen. Gambarkan tiga cara lainnya.
Jawaban:
Jawaban nomor 12 tugas Latihan 4.1 Matematika Kelas 9 halaman 216.
13) Berpikir Kritis
Apakah luas dua bangun yang kongruen pasti sama?
Apakah dua bangun dengan luas yang sama pasti kongruen?
Jelaskan dengan gambar atau diagram untuk mendukung jawabanmu.
Jawaban:
a) Ya, dua persegi kongruen masing-masing dengan panjang sisi 3 cm, maka luas persegi masing-masing pasti sama yaitu 9 cm⊃2;.
b) Belum tentu, karena meskipun memiliki luas sama tetapi dapat dibentuk menjadi bentuk yang berbeda.
14. Berpikir Kritis
Berapa banyak segitiga sama sisi kongruen paling sedikit yang diperlukan untuk membentuk segitiga samasisi yang ukurannya lebih besar dari segitiga sama sisi semula?
Demikian juga, berapa persegi kongruen paling sedikit yang diperlukan untuk menghasilkan persegi yang ukurannya lebih besar dari persegi semula?
Dapatkah hasil ini diperluas untuk segi-n beraturan yang lain? Jelaskan alasanmu.
Harus ditambah berapa banyak segi-n beraturan lagi supaya tetap jadi segi-n?
Jawaban:
Jawaban nomor 14 tugas Latihan 4.1 Matematika Kelas 9 halaman 216.
Ditambah sebanyak n - 1 bangun, dan seterusnya
Itulah rangkuman informasi mengenai kunci jawaban dari mata pelajaran kelas 9 halaman 215 dan 216 yang bisa dipelajari agar siswa lebih memahami materi tentang kekongruenan bangun datar.