Ramayana Janji Rekrut Kembali 84 Karyawan Korban PHK Usai Corona Reda

Image title
14 April 2020, 15:38
Ilustrasi, suasana gerai Ramayana. Manajemen Ramayana menyatakan, akan merekrut kembali 84 karyawan yang terkena PHK usai pandemi Covid-19 reda.
commons.wikimedia.org
Ilustrasi, suasana gerai Ramayana. Manajemen Ramayana menyatakan, akan merekrut kembali 84 karyawan yang terkena PHK usai pandemi Covid-19 reda.

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk angkat bicara terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) 84 karyawan Ramayana di Depok, Jawa Barat. Manajemen Ramayana menyatakan, akan merekrut kembali karyawan-karyawan tersebut usai toko dibuka kembali.

"Perseroan akan mengkaryakan kembali terhadap karyawan yang sudah dilakukan PHK tersebut apabila Toko Ramayana Depok beroperasi normal kembali," kata Direktur Keuangan Ramayana Suryanto, dikutip dalam keterbukaan informasi, Selasa (14/4).

Advertisement

Operasional Ramayana Depok ditutup sementara sejak 6 April 2020 lalu, sehubungan dengan pandemi corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia. Penutupan tersebut dilakukan hingga kondisi yang memungkinkan.

Suryanto mengungkapkan, seluruh karyawan dirumahkan dengan syarat yang sudah ditentukan, setelah sebelumnya dalam beberapa kali rapat, tidak dicapai kesepakatan. Akhirnya, disepakati bersama antara perusahaan dengan karyawan, melalui PHK.

Meski begitu, manajemen Ramayana mengklaim PHK telah dilakukan sesuai Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan, yakni memberikan pesangon kepada 84 karyawannya. Hal itu dituangkan dalam Surat Kesepakatan Bersama dengan ditandatangani oleh Ramayana dengan karyawan.

Selama masa tanggap darurat atas penyebaran Covid-19, Ramayana telah menutup sementara sebagian toko sampai kondisi yang memungkikan untuk dibuka kembali. Karena ditutup, terjadi penurunan penjualan yang signifikan sehingga membuat perseroan harus melakukan efisiensi, antara lain merumahkan karyawan.

"Perseroan memiliki kas dan setara kas, deposito berjangka, dan investasi jangka pendek yang cukup dapat menjamin kelangsungan hidup perseroan," kata Suryanto.

(Baca: Imbas Corona, Ramayana Tutup Gerai, PHK & Rumahkan Pekerja di Dua Kota)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement