Waspada Kepadatan, Ini Jadwal Lengkap One Way Arus Balik Lebaran 2022

Image title
2 Mei 2022, 13:30
Ilustrasi, kendaraan pemudik yang melintas menerapkan satu arah (one way) di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 47, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Rekayasa lalu lintas diterapkan untuk mengatasi kepadatan saat arus mudik dan arus balik pada Lebaran 20
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, kendaraan pemudik yang melintas menerapkan satu arah (one way) di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 47, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Rekayasa lalu lintas diterapkan untuk mengatasi kepadatan saat arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2022.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, kepadatan lalu lintas yang sempat terjadi di hari puncak mudik di Jalur tol Jakarta menuju Cikampek ke arah timur, bisa diatasi melalui sejumlah rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

Dalam keterangan resmi, Minggu (1/5), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas dicapai berkat rekayasa lalu lintas one way, yang sudah disiapkan sejak jauh hari melalui serangkaian simulasi.

"Keberhasilan mengatasi kepadatan dengan rekayasa lalin ini juga dapat dicapai berkat koordinasi yang dilakukan oleh Kepolisian, Jasa Marga, Kemenhub, dan unsur terkait lainnya," kata Budi.

Ia juga menyebutkan, strategi yang sama juga akan dijalankan saat arus balik nanti. Artinya, para pemudik harus bersiap-siap saat arus balik nantinya.

Mengutip indonesiabaik.id, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menetapkan rekayasa lalu lintas untuk arus balik Lebaran 2022. Berikut ini jadwal lengkap rekayasa lalu lintas sistem satu arah dan ganjil genap untuk arus balik yang dimulai sejak 6 Mei.

  • Jumat 6 Mei 2022 pukul 07.00-24.00 WIB
    Dimulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 47 (Tol Jakarta - Cikampek) diteruskan CB contra flow sampai dengan KM 28 + 500.
  • Sabtu 7 Mei 2022 pukul 07.00-24.00 WIB.
    Dimulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).
  • Minggu 8 Mei 2022 pukul 07.00 - Senin pukul 03.00 WIB.
    Dimulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenhub menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kepadatan sejak 30 April. Saat ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat dilintasi normal di kedua arahnya, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Untuk pengguna jalan yang berencana untuk melakukan mudik dari arah Bandung menuju arah Jakarta, dapat mengakses Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan normal. Sementara itu untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan juga telah bisa mengakses Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dan secara bertahap saat ini tengah dilakukan normalisasi dua jalur di sejumlah ruas jalan tol yang mengarah ke Semarang.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait