Jet Tempur Besutan Korsel-Indonesia Ditargetkan Uji Coba Akhir Juli

Image title
9 Juli 2022, 10:00
jet tempur, pesawat tempur
ANTARA FOTO/REUTERS/Yonhap /rwa/cf
Ilustrasi, jet tempur kolaborasi Korea Selatan dan Indonesia, yang disebut KF-21, diperlihatkan saat upacara peluncuran di Sacheon, Korea Selatan, Jumat (9/4/2021).

Prototipe jet tempur KF-21 kolaborasi Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia, yang saat ini tengah dikembangkan, direncanakan memasuki uji coba penerbangan perdana akhir bulan ini.

Sebelumnya, jet tempur tersebut telah diperkenalkan kepada wartawan di markas besar Korea Aerospace Industries Ltd. (KAI), pada Rabu (6/7), di Sacheon, 437 kilometer selatan Seoul.

Diselenggarakan bersama Defense Acquisition Program Administration (DAPA), uji coba KF-21 ini merupakan bagian dari program pengembangan pesawat tempur senilai 8,8 triliun won atau setara dengan US$ 7,9 miliar, yang diluncurkan pada 2015. Bagi Korsel, pengembangan KF-21 dimaksudkan untuk menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-5 yang telah menua.

Meski DAPA belum membocorkan tanggal tertentu, tes penerbangan pertama pesawat tempur itu diperkirakan akan datang akhir bulan ini. Pemilihan tanggal belum dirilis, karena rencana penerbangan dapat berubah karena kondisi cuaca.

"Uji coba penerbangan nanti bertujuan untuk memeriksa integritas dan pengoperasian pesawat,” kata Manajer Senior Divisi Program KFX-21 KAI Kim Nam-shin, dikutip dari Yonhap News Agency, Jumat (8/7).

Pesawat berwarna abu-abu sepanjang 16,9 meter itu merupakan prototipe KF-21 pertama yang diungkap ke publik pada April tahun lalu. Sebanyak enam prototipe telah diproduksi untuk tujuan pengujian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...