Profil Emiliano Martinez, Kiper Terbaik Piala Dunia 2022

Anggi Mardiana
19 Desember 2022, 20:16
Profil Emiliano Martinez
Dok. Instagram Emiliano Martínez
Ilustrasi, aksi kiper Timnas Argentina Emiliano Martínez dalam laga final Piala Dunia 2022.

Profil Emiliano Martinez kini banyak dicari tahu setelah melakukan penampilan apiknya di Piala Dunia 2022. Keberhasilan Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 tentunya tidak terlepas dari sosok Emiliano Martinez, kiper terbaik di Piala Dunia 2022.

Emiliano Martinez berhasil menepis bola yang dihempaskan oleh dua pemain Prancis saat adu penalti di laga final Piala Dunia 2022. Sebelumnya, di waktu normal pertandingan, Emiliano Martinez menampilkan permainan luar biasa setelah berhasil mementahkan beberapa "serangan" Prancis di menit akhir ekstra time. 

Meski di pertandingan tersebut ia sempat kebobolan tiga gol, namun di babak adu penalti Emiliano Martinez berhasil tampil cemerlang dan membuat Argentina meraih gelar juara dunia.

Adapun, di pertandingan 8 besar, Martinez sempat menepis dua tendangan awal pemain Belanda, yaitu Virgil van Djik dan Steven Berghuis serta memastikan La Albiceleste melenggang ke babak semi final.

Profil Emiliano Martinez

Berkat penampilan cemerlang Emiliano Martinez, ia dinobatkan sebagai kiper terbaik atau Golden Gloves yang kini sejajar dengan legenda Bufon, Casillas dan Oliver Khan. Emiliano Martinez lahir pada tanggal 2 September tahun 1992 di Mar del Plata, Argentina.

Emiliano Martinez saat ini bermain sebagai penjaga gawang klub liga Inggris yaitu Aston Villa dan Tim Nasional (Timnas) Argentina. Sebagai penjaga gawang, ia dikenal sebagai sosok refleks dan cepat dalam menahan bola tendangan lawan. Sebelum bergabung bersama Aton Villa, Emiliano Martinez merupakan bagian dari klub Arsenal. 

Melansir dari Sportstarts.id, nama Lisandro Martinez mulai naik ketika bergabung di Emirates Stadium sejak tahun 2011/2012. Selama bersama dengan Arsenal, sosoknya kerap jadi pinjaman ke sejumlah klub lain di Liga Inggris. Bahkan dirinya pernah menjadi pemain pinjaman untuk salah satu klub Liga Spanyol bersama Getafe.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...