Argentina Juara Piala Dunia 2022 Lewat Drama Adu Penalti

Tia Dwitiani Komalasari
19 Desember 2022, 01:58
Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup
FIFA WOrld Cup
Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup

Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 lewat adu penalti di Stadion Lusail, Doha, Minggu (19/12) waktu setempat. Penalti dilakukan menyusul hasil imbang kedua tim 3-3 setelah babak tambahan.

Argentina memimpin pertandingkan di awal pertandingan lewat gol yang diciptakan Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-23. Angel Di Maria menambah perolehan gol Argentina pada menit ke-36.

Prancis kemudian meyusul keunggulan tim Tango lewat Kylan Mbappe pada menit ke-80 lewat titik penalti. Hanya butuh satu menit bagi Mbappe untuk menggandakan gol pada menit ke-81.

Piala Dunia Terakhir Messi

Memasuki babak tambahan, Messi kembali menampilkan performa terbaiknya denganmenambah gol bagi Argentina pada menit k2-108. Sayangnya kemenangan Argentina kembali tertunda setelah Mbappe mencetak gol ketiganya pada menit ke-118 melalui tendangan penalti.

Setelah bermain imbang hingga akhir babak tambahan, Argentina memenangi babak adu penalti ketika keempat eksekutornya berhasil menjebol gawang Lloris. Di sisi lain, Kingsley Coman mendapati tembakannya ditepis kiper Emiliano Martinez dan tendangan Aurelien Tchouameni melebar.

Ini merupakan gelar ketiga Argentina di Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi turnamen itu pada 1986. Kemenangan itu juga mewujudkan mimpi Lionel Messi di pentas tertinggi sepak bola pada apa yang kemungkinan menjadi Piala Dunia terakhirnya.

Messi juga mencatatkan namanya sebagai pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol pada fase grup, 16 besar, semifinal, hingga final dalam satu edisi turnamen tersebut. 

Namun demikian, Kylian Mbappe mengungguli Messi dalam memenangkan penghargaan Sepatu Emas setelah mencetak hattrick untuk Prancis dalam kekalahan final Piala Dunia mereka melawan Argentina pada hari Minggu.

Mbappe mencetak gol keenam, ketujuh, dan kedelapannya di turnamen Piala Dunia 2022. Sementara Messi mengumpulkan tujuh gol sepanjang Piala Dunia 2022. Dengan demikian, Messi telah mengumpulkan 13 gol sepanjang keikutsertaanya di lima Piala Dunia.

Berikut rincian gol yang dicetak Lionel Messi di 5 turnamen Piala Dunia:

  • Piala Dunia 2006: 1 gol
  • Piala Dunia 2010: 0 gol
  • Piala Dunia 2014: 4 gol
  • Piala Dunia 2018: 1 gol
  • Piala Dunia 2022: 7 gol. (data grafik diambil setelah pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, belum menyertakan update terbaru).

 

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait