Konflik Makin Panas, Ini Daftar Negara Pendukung Israel dan Palestina

Image title
10 Oktober 2023, 16:37
Israel, Palestina
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Konflik terbaru antara Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas, memasuki hari ketiga pada Senin (9/10)  menimbulkan kekhawatiran di banyak negara di dunia.

Berdasarkan laporan Al Jazeera, Israel terus melancarkan serangan besar-besaran di jalur Gaza, dan dilaporkan sebanyak 1.500 tewas akibat pengeboman yang dilancarkan oleh militer Israel.

Sedangkan, lebih dari 900 orang telah terbunuh di Israel sejak serangan Hamas di Israel Selatan dimulai pada hari Sabtu (7/10), menurut layanan medis Israel.

Seperti diketahui, militer Israel menggempur Gaza dengan roket pada Minggu (8/10), dan membunuh ratusan orang setelah serangan mendadak oleh Hamas. Gempuran Israel di jalur Gaza ini merupakan respons atas serangan Hamas, yang menembakkan 2.200 roket ke arah Israel selatan dan tengah, termasuk Tel Aviv dan Yerusalem.

Balasan Israel yang sebelumnya didahului oleh serangan Hamas ini, merupakan bagian dari konflik yang telah berjalan sejak pertengahan abad ke-20, serta disebut sebagai salah satu konflik terpanjang yang masih berlangsung di dunia hingga saat ini.

Konflik ini juga membagi negara-negara di dunia, antara pendukung Israel dan Palestina. Siapa saja negara-negara yang mendukung dua pihak yang berkonflik ini? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Konflik Palestina - Israel meningkat
Konflik Palestina - Israel meningkat (Katadata)

Negara-negara Pendukung Israel dan Palestina

Sejak konflik Israel-Palestina bergulir pada 1948 silam, sejumlah negara telah terlibat aktif di dalamnya, baik sebagai suporter Israel maupun Palestina. Peran beberapa negara ini bermacam-macam, baik sebagai penyuplai senjata, maupun menjadi suaka bagi pejuang Palestina.

Berikut ini negara-negara pendukung Israel dan Palestina.

1. Negara Pendukung Israel

Kementerian luar negeri Israel mengklaim bahwa sekitar 84 negara telah mengeluarkan pernyataan yang mendukung Israel mengutuk serangan Hamas dan mendukung hak Israel untuk membela diri.

Beberapa negara besar yang tergolong vokal menyuarakan dukungan terhadap Israel, adalah sebagai berikut:

  • Amerika Serikat (AS)

Presiden AS Joe Biden menyatakan dukungan AS terhadap Israel sangat kuat dan tak tergoyahkan. Untuk menunjukkan dukungannya, ia memerintahkan kapal dan pesawat tempur AS menuju Israel dan mengirimkan bantuan militer baru.

Pentagon mengirim kapal induk USS Gerald R. Ford yang diiringi kapal penjelajah Normandia, serta kapal tempur kelas Destroyer, yakni Ramage, Carney, Roosevelt, dan Thomas Hudner ke Mediterania Timur, sembari meningkatkan skuadron pesawat tempur di wilayah tersebut.

Mengutip keterangan resmi yang dikeluarkan Gedung Putih, Presiden Biden telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu (8/10). Dalam percakapannya, Biden menyampaikan bahwa bantuan tambahan untuk militer Israel sedang dalam perjalanan dan menjanjikan lebih banyak lagi dalam beberapa hari mendatang.

  • Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Netanyahu, bahwa Inggris dengan tegas mendukung Israel, dan berupaya memastikan dunia berbicara dalam satu suara.

Mengutip keterangan resmi kantor perdana menteri Inggris, Downing Street, negara ini akan mendukung Israel melawan tindakan teror yang dilancarkan Hamas. Sunak menyatakan, bahwa Inggris siap memberikan dukungan apapun yang dibutuhkan Israel.

  • Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengutuk serangan yang dilakukan terhadap Israel dan menegaskan dukungan Prancis terhadap negara tersebut. Ia juga mengadakan pembicaraan dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Dalam cuitannya di platform media sosial "X", ia mengatakan bahwa Prancis berdiri dalam solidaritas dengan Israel, dan berkomitmen mendukung keamanan Israel dan hak negara tersebut dalam membela diri.

Selain itu, Prancis juga telah memperkuat keamanan di sekitar tempat ibadah Yahudi di Prancis, sebagai langkah antisipasi adanya serangan yang menargetkan kaum Yahudi di negara tersebut.

  • Australia

Australia menyatakan dukungannya terhadap Israel dan haknya untuk mempertahankan diri. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menyalahkan Hamas atas kekerasan dan mengutuk tindakan “sembarangan” yang menargetkan warga sipil oleh Hamas. Ia mengatakan, bahwa serangan Hamas bertujuan untuk menciptakan teror.

  • Norwegia

Norwegia mengutuk serangan mendadak Palestina terhadap warga sipil Israel. Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt mengatakan, negaranya mengutuk keras serangan terhadap warga sipil Israel.

"Norwegia mengutuk keras serangan terhadap warga sipil Israel dan menyerukan penghentian segera serangan dan kekerasan tersebut," kata Huitfeldt dikutip dari NewsInEnglish, Sabtu (7/10).

Dukungan mengejutkan dari Norwegia ini muncul sebulan setelah Huitfeldt bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen, dan Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh bulan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...