Israel Mempersiapkan Serangan Darat Besar-besaran ke Gaza

Image title
15 Oktober 2023, 07:00
Israel
Antara
Ilustrasi, eskalasi konflik Palestina-Israel meningkat di Jalur Gaza, Minggu (8/10).

Israel bersiap melancarkan serangan darat di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, setelah memberitahu warga Palestina yang tinggal di wilayah padat penduduk tersebut untuk mengungsi ke selatan, menuju perbatasan Mesir.

Mengutip Reuters, Minggu (15/10), Israel juga memperingatkan kelompok militan asal Lebanon, Hizbullah, untuk tidak memulai perang di front kedua di utara Israel, dan mengancam kehancuran Lebanon kelompok militan ini memulai perang terbuka.

Israel bertekad menghancurkan Hamas yang menguasai Gaza sebagai pembalasan atas serangan kelompok militan ini, yang menyerbu kota-kota Israel pekan lalu. Dalam serangan mendadak tersebut, tercatat sekitar 1.300 warga sipil tewas, serta menculik sekitar 150 orang.

Merespons serangan tersebut, jet dan artileri Israel melancarkan pemboman paling hebat yang pernah terjadi di Gaza. Kota berpenduduk 2,3 juta jiwa tersebut kini dalam kepungan total.

Pihak berwenang Gaza mengatakan lebih dari 2.200 orang tewas, seperempat di antaranya anak-anak, dan hampir 10.000 orang terluka. Petugas penyelamat mati-matian mencari korban yang selamat dari serangan udara malam hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...