Puluhan Ribu Orang Palestina Tinggalkan Gaza Usai Diultimatum Israel

Yuliawati
Oleh Yuliawati
14 Oktober 2023, 14:48
 Warga Palestina di Gaza.
ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/WSJ/cf
Warga Palestina di Gaza.

Puluhan ribu orang Palestina yang tinggal di Gaza mulai meninggalkan rumah mereka dan bergerak ke selatan. Warga Gaza pindah setelah militer Israel mengultimatum 1,1 juta warga Gaza untuk pindah ke Selatan, menjelang serangan darat mereka dalam waktu dekat.

Hamas bersikap kebalikannya dengan perintah militer Israel. Mereka meminta warga untuk tetap tinggal dan menentang perintah militer Israel yang mengevakuasi rumah-rumah mereka.

Menurut perkiraan dari kantor kemanusiaan PBB, OCHA. Sebelum perintah evakuasi, lebih dari 400.000 warga Palestina telah mengungsi secara mandiri.

Korban tewas warga Palestina di Gaza terus meningkat menjadi 1.900 orang, termasuk 614 anak-anak. Korban tewas ini akibat serangan Israel di Gaza, kata kementerian kesehatan Palestina.

PBB Desak Israel Batalkan Ultimatum Evakuasi

Militer Israel mendesak 1,1 juta warga kota Gaza untuk mengungsi ke arah selatan dalam waktu 24 jam. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengingatkan militer Israel bahwa rencana tersebut mustahil. 

Alasan militer Israel untuk mencegah korban karena hendak menyerang daerah tersebut. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyampaikan permintaan ini di media sosial, Jumat (13/10). "Warga sipil Kota Gaza, mengungsi ke selatan demi keselamatan dan keluarga."

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) menyerukan evakuasi semua warga sipil Kota Gaza dari rumah mereka ke arah selatan demi keselamatan dan perlindungan mereka sendiri, serta pindah ke daerah selatan Wadi Gaza seperti yang ditunjukkan pada peta," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Independent.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merespons instruksi tersebut dengan mengingatkan  merelokasi atau evakuasi banyak warga sipil dari utara Gaza ke selatan Wadi Gaza "tidak mungkin dilakukan" tanpa "konsekuensi menghancurkan kemanusiaan".

"PBB dengan tegas mengimbau agar perintah semacam itu, dibatalkan untuk menghindari apa yang sudah menjadi tragedi berubah menjadi situasi bencana," katanya dalam sebuah pernyataan.

Israel Jatuhkan 6.000 Bom di Gaza

Militer Israel mengatakan telah menjatuhkan 6.000 bom di Gaza dan mengenai 3.600 sasaran. Konflik Israel - Palestina terus berlanjut dan menyebabkan korban terus bertambah.

Berdasarkan data yang dikutip dari Al Jazeera, sebanyak 1.300 warga Israel tewas dan 3.200 lainnya terluka akibat serangan Hamas yang dimulai Sabtu (7/10).

Di sisi lain, sebanyak 1.537 orang Palestina tewas dan lebih dari 6.612 orang terluka akibat serangan Israel di jalur Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...