Memahami Pengertian, Manfaat, dan Alur Manajemen Biaya

Image title
16 Agustus 2022, 15:17
perusahaan, manajemen biaya
pexels.com
Ilustrasi, sekelompok karyawan tengah menyaksikan presentasi mengenai kinerja operasional perusahaan.

Dalam sebuah bisnis, manajemen biaya merupakan konsep yang memegang peranan krusial. Sebab, penguasaan akan konsep ini memampukan manajemen sebuah perusahaan untuk menjalankan operasional secara efektif.

Manajemen biaya kerap disamakan dengan manajemen keuangan. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda baik dari segi pengertian maupun pengaplikasiannya. Manajemen keuangan lebih mengarah kepada pengelolaan keuangan perusahaan.

Sementara, manajemen biaya merupakan upaya perencanaan dan pengendalian, serta peningkatan pemantauan biaya bisnis. Manajemen biaya juga diperlukan untuk upaya pengoptimalan kinerja hasil produksi di masa mendatang.

Pengertian dan Konsep Manajemen Biaya

Manajemen biaya merupakan sistem yang disusun untuk memberikan informasi yang lengkap, yang kemudian digunakan manajemen untuk menjalankan kegiatan operasional.

Kegiatan yang dimaksud, antara lain mengidentifikasi berbagai macam peluang, perencanaan strategi, penyempurnaan proses produksi, serta membuat keputusan terkait pengadaan dan pemanfaatan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dalam lingkup yang lebih sempit, manajemen biaya dapat diartikan sebagai sebuah proses menemukan dan melaksanakan suatu proyek atau pekerjaan dengan cara yang benar.

Proses yang dimaksud, mencakup perencanaan, anggaran, estimasi, pendanaan, pengelolaan, pengendalian, dan perbandingan antar biaya. Ini dilakukan, agar pekerjaan dapat selesai dalam waktu serta anggaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Secara umum, ada tiga konsep dasar manajemen biaya yang digunakan, yakni konsep nilai tambah, akuntansi aktivitas, dan target biaya.

1. Konsep Nilai Tambah

Konsep manajemen biaya yang pertama adalah nilai tambah, di mana semua kegiatan yang dilakukan harus mempunyai nilai tambah. Pencapaian nilai tambah ini, harus dilakukan dengan cara yang efisien.

Manajemen perusahaan juga harus mampu mengurangi atau menghapus kegiatan yang tidak mempunyai nilai tambah. Tujuannya, agar bisa membuat dan memastikan anggaran keuangan pada setiap kegiatan perusahaan.

2. Konsep Akuntansi Aktivitas

Konsep manajemen biaya berikutnya, adalah akuntansi aktivitas. Dalam konsep ini, manajemen perusahaan bertugas mengumpulkan, memantau dan memastikan biaya yang dikeluarkan sudah sesuai dengan kegiatan yang dijalankan.

Metode ini juga dikenal dengan istilah activity based costing (ABC), yakni suatu cara untuk menilai biaya, performa, sumber biaya dan objek biaya.

3. Konsep Biaya Target

Konsep manajemen biaya yang terakhir, adalah biaya target, yakni segala aktivitas yang dilakukan harus berpatokan pada harga yang sesuai dengan pangsa pasar atau laba yang ingin dicapai perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...