Jembatan Lengkung Kuningan Rampung, Progres LRT Jabodebek Capai 67%

Image title
11 November 2019, 12:22
LRT, LRT Jabodebek
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi LRT Jabodebek. Adhi Karya mencatat progres pembangunan LRT mencapai 67,3%.

PT Adhi Karya Tbk merampungkan pengecoran terakhir jembatan lengkung kereta api ringan (Light Rail Transit/ LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) yang terletak di persimpangan Jl HR. Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.  Secara keseluruhan, pembangunan LRT Jabodebek telah mencapai 67,3%.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menjelaskan, jembatan lengkung tersebut merupakan bagian dari Longspan Kuningan yang berada di jalur Cawang-Kuningan-Dukuh Atas. Pembangunan jalur itu telah mencapai 50,3%.

"Cawang-Cibubur progresnya telah mencapai 86,2%, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 50,3%, Cawang-Bekasi Timur 60,5%," kata Budi, saat ditemui di Jakarta, Senin (11/11).

(Baca: Hingga September, Realisasi Kontrak Baru Adhi Karya Baru Capai 25%)

Jembatan lengkung yang berada di Longspan Kuningan ini juga baru saja mendapatkan rekor muri Indonesia karena tercatat sebagai jembatan kereta box beton dengan bentang terpanjang di dunia yang mencapai 148 meter. Jembatan ini  juga memiliki material beton seberat 2.939,7 ton atau setara 5,2 kali berat pesawat air bus.

Pada fase I, total longspan yang dimiliki LRT Jabodebek yaitu longspan Kali Bekasi, Longspan Dukuh Atas, Longspan Halim, Longspan Cikoko, Longspan Kuningan, Longspan Cawang, Longspan Ciliwung, Longspan JORR, serta Longspan Cililitan.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...