Kejar Operasional Perdana, Progress Pembangunan LRT Sudah Capai 95%

Image title
29 Juni 2023, 15:13
LRT
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.
Ilustrasi, sejumlah pekerja menyelesaikan proyek infrastruktur Depo LRT (Light Rail Transit) Jabodebek di Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan progress pembangunan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) sudah mencapai 95,09% per Juni 2023. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, saat ini pembangunan LRT Jabodebek tinggal menyisakan pekerjaan kalibrasi sistem operasi.

Tidak hanya persiapan fisik, Kemenhub juga tengah mengusahakan izin selesai pada Juli. Sehingga, LRT Jabodebek bisa melakukan pengoperasian perdana pada Agustus 2023, setelah didahului dengan uji coba pertengahan Juli 2023.

Selain memastikan kesiapan operasional LRT Jabodebek, Kemenhub juga memastikan integrasi antarmoda antara layanan LRT Jabodebek dengan layanan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan.

"Integrasi antarmoda merupakan salah satu aspek penting yang harus disiapkan sebelum dioperasikan," kata ujar Risal, dilansir dari Antara, Kamis (29/6).

Adapun, beberapa moda transportasi lain yang akan terhubung dengan LRT Jabodebek, antara lain Trans Jakarta, bus kota, KRL, MRT, Jaklingko, angkot, dan beberapa moda transportasi umum lainnya.

Terkhusus untuk Stasiun LRT Halim, Kemenhub memastikan akan terhubung dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) dan beberapa moda lainnya seperti Trans Jakarta, Royal Trans, serta taksi, dan travel yang sudah disiapkan tempat pemberhentian khusus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...