Dirgantara Indonesia Ekspor Pesawat Terbang Militer ke Nepal

Agatha Olivia Victoria
30 Oktober 2019, 12:51
PTDI, ekspor, pesawat terbang, nepal
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ilustrasi pabrik pesawat milik PTDI. BUMN penerbangan ini telah mengekspor satu pesawat terbang militer ke Nepal.

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengekspor satu unit pesawat terbang militer jenis CN235-330 ke Nepal. Pesawat ini merupakan pesanan militer Nepal yang kontraknya diteken sejak 16 Juni 2017. 

"Pembiayaan produksi pesawat CN235-220 Military Transport untuk Nepalese Army dilakukan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dengan skema penugasan khusus ekspor (PKE)," tulis PT DI dalam keterangan resminya, Bandung, Rabu (30/10).

(Baca: PTDI Dapat Banyak Perjanjian Kerja Sama di Singapore Airshow 2018)

Pemberian fasilitas PKE kepada PT DI merupakan realisasi dari Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 512/KMK.08/2018 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 649/KMK.08/2017 Tentang Penugasan Khusus Kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Untuk Menyediakan Pembiayaan Ekspor Pesawat Udara.

PKE merupakan mandat yang diberikan pemerintah kepada LPEI untuk meningkatkan daya saing produk dan mendorong industri strategis nasional melakukan ekspor ke negara-negara nontradisional.

Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly menjelaskan, kinerja ekspor industri nasional sangat penting bagi peningkatan nilai neraca perdagangan. Untuk itu, diperlukan upaya dalam meningkatkan nilai ekspor baik dari sisi volume ekspor maupun pasar tujuan ekspor. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...