Jokowi Sebut Kemungkinan Masjid Istiqlal Dibuka Kembali Bulan Depan

Dimas Jarot Bayu
2 Juni 2020, 10:45
jokowi, masjid istiqlal, pandemi corona, istiqlal dibuka
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Presiden Joko Widodo telah meminta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin untuk menyiapkan protokol kesehatan bagi jemaah agar tetap aman untuk beribadah saat masjid kembali dibuka.

Presiden Joko Widodo menyebut kemungkinan Masjid Istiqlal kembali dibuka pada bulan depan seiring renovasi yang diperkirakan rampung. Namun, rencana untuk membuka kembali masjid tersebut belum sepenuhnya diputuskan. 

"Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin, Imam Besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti pada bulan Juli. Tapi keputusannya nanti ada di Bapak Imam Besar," ujar Jokowi saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6). 

Jokowi pun telah meminta Nasaruddin untuk menyiapkan protokol kesehatan bagi jemaah yang akan salat di Masjid Istiqlal jika sudah dibuka untuk publik. Penyiapan protokol kesehatan ini penting karena penyebaran virus corona belum bisa dikendalikan secara merata di semua provinsi.

“Sehingga nanti pada saat kita melaksanakan salat di Masjid Istiqlal, semuanya aman dari Covid-19,” kata Jokowi.

(Baca: Rumah Ibadah Boleh Dibuka di Tengah Pandemi Corona, Ini Syaratnya)

Mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan pembukaan fasilitas publik, termasuk tempat ibadah harus melalui tahapan-tahapan yang ketat. Salah satunya,  dengan melihat angka pertumbuhan reproduksi atau basic reproduction number (R0) dan angka reproduksi efektif atau effective reproduction number (Rt) dari virus corona. Untuk diketahui, laju penyebaran corona dapat dikatakan rendah jika R0 dan Rt dari corona sudah di bawah 1.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...