CEO BBC Global News Jim Egan jadi Chief Investment Officer MDIF

MDIF adalah lembaga dana nirlaba yang berinvestasi pada media-media independen di berbagai negara, salah satunya Indonesia.
Image title
27 Juni 2020, 18:31
CEO BBC Global News Jim Egan resmi bergabung sebagai Chief Investment Officer Dana Investasi Pengembangan Media atau MDIF.
Twitter/@mediforg
CEO BBC Global News Jim Egan resmi bergabung sebagai Chief Investment Officer Dana Investasi Pengembangan Media atau MDIF.

CEO BBC Global News Jim Egan resmi bergabung sebagai Chief Investment Officer Dana Investasi Pengembangan Media atau Media Development Investment Fund.

MDIF, dana investasi nirlaba yang berbasis di New York, berinvestasi di media independen di negara-negara yang tengah mengalami ancaman kebebasan dan independesi berita dan informasi. Egan saat ini CEO dari anak perusahaan berita internasional komersial BBC yang memiliki dan mengoperasikan saluran televisi BBC World News dan mitra digitalnya, bbc.com.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi ekonomi untuk bisnis berita menjadi sangat menantang. Wartawan dan jurnalisme juga semakin terancam. Saya senang bergabung dengan MDIF dan ingin memberikan kontribusi positif untuk mengatasi kedua masalah tersebut," ujar Egan dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (27/6).

Investasi, menurut dia, adalah alat yang ampuh untuk membantu media membangun bisnis yang kuat secara finansial. Dengan demikian, media dapat melindungi independensi editorial mereka sehingga melindungi demokrasi dan kebebasan individu.

Advertisement

Egan telah bekerja di industri media selama lebih dari 20 tahun. Pengalamannya meliputi kepemimpinan organisasi, strategi bisnis, tanggung jawab P&L, merger dan integrasi perusahaan, perubahan haluan, dan pengembangan bisnis.

(Baca: Sempat Tertunda, Perundingan Dagang RI-Eropa Dilanjutkan via Virtual)

Dia akan menggantikan Kihara Kiarie, yang telah bergabung dengan Geller & Company sebagai Chief Financial Officer, Media, melayani Bloomberg Media sebagai Global Chief Financial Officer-nya.

“Kami sangat senang bahwa Jim telah setuju untuk bergabung dengan MDIF,” kata Harlan Mandel, Chief Executive Officer MDIF. "Jim akan memimpin investasi kami di perusahaan media yang menyediakan berita, informasi, dan debat yang dibutuhkan masyarakat untuk membangun masyarakat terbuka, memberikan pengembalian finansial dan sosial kepada para pemberi dana dan investor kami."

Sejak memberikan pinjaman pertama pada tahun 1996, MDIF telah menginvestasikan lebih dari US$ 230 juta dalam bentuk pinjaman, ekuitas, dan bantuan teknis di 120 bisnis media independen di 42 negara.

(Baca: 6 Sebab Google, Amazon, Microsoft, Alibaba Incar Pasar Pusat Data RI)

MDIF saat ini memiliki US$ 105 juta aset kelolaan yang diinvestasikan di hampir 30 negara. Lembaga ini juga berinvestasi di Indonesia, salah satunya adalah Katadata.co.id.

BBC Global News didanai secara komersial dan menghasilkan pendapatan tahunan sekitar $ 140 juta. Sebagai salah satu penyedia berita internasional terbesar dalam bahasa Inggris, BBC World News dan bbc.com bersama-sama menjangkau lebih dari 120 juta orang dewasa secara global setiap minggu.

Sebelum bergabung dengan BBC pada 2007, Egan adalah Direktur Strategi di Ofcom, regulator komunikasi dan media Inggris. Dia juga menjabat sebagai Penasihat Spesialis untuk Sekretaris Negara Inggris untuk Budaya, Media dan Olahraga. Sepuluh tahun pertama karirnya berada di sektor swasta, sebagai Konsultan Strategi di PricewaterhouseCoopers dan sebagai Manajer Pengembangan Bisnis untuk BSkyB.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait