Satgas Covid-19 Soroti 4 Wilayah dengan Tingkat Kesembuhan Terendah

Dimas Jarot Bayu
4 Agustus 2020, 16:35
pasien covid-19, tingkat kesembuhan covid-19, pandemi corona, virus corona
Youtube BNPB
Juru Bicara Gugus Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut tingkat kesembuhan virus corona secara nasional sebesar 61,79%.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyoroti tingkat kesembuhan pasien virus corona yang berada di Maluku Utara, Aceh, Sumatera Utara, dan Papua. Tingkat kesembuhan pasien yang terinfeksi corona di empat wilayah tersebut jauh di bawah rata-rata nasional yang sebesar 61,79%.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 per 1 Agustus 2020, tingkat kesembuhan pasien terinfeksi corona di Maluku Utara hanya 21,26%, Aceh hanya mencapai 21,93%, Sumatera Utara sebesr 37,46%, dan Papua sebesar 44,54%.

“Mohon agar tingkat kesembuhannya bisa ditingkatkan dengan cara meningkatkan pelayanan kesehatan dan pengawasan terhadap pasien,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (4/8).

Selain keempat wilayah tersebut, ada sepuluh wilayah lainnya yang tingkat kesembuhan pasien terinfeksi coronanya masih berada di bawah rata-rata nasional. Sepuluh wilayah tersebut, antara lain Sulawesi Utara, Gorontalo, Sumatera Selatan. Kemudian, Bengkulu, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah. Lalu, Sulawesi Barat, Jawa Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, terdapat 20 wilayah yang memiliki tingkat kesembuhan pasien terinfeksi corona melebih rata-rata nasional. Provinsi yang tingkat kesembuhannya paling tinggi adalah Kalimantan Barat sebesar 91,73%.

 Sulawesi Tengah menyusul di posisi kedua dengan tingkat kesembuha pasien terinfeksi corona sebesar 91,3%. Berikutnya, tingkat kesembuhan pasien terinfeksi corona di Bangka Belitung sebesar 89,6%.

“Ini tentunya perlu dipertahankan dan disusul oleh provinsi-provinsi lainnya agar angka kesembuhannya bisa meningkat,” katanya. 

Pasien positif Covid-19 bertambah 1.679 orang per 3 Agustus 2020. Total Kasus mencapai 113.134 dengan 70.237 pasien dinyatakan sembuh dan 5.302 orang meninggal dunia.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...