Jurus Akrobatik Ridwan Kamil dalam Tangani Pandemi Covid-19

Dimas Jarot Bayu
4 September 2020, 11:36
pandemi covid-19, corona, pandemi corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai perlu langkah akrobatik antara aspek kesehatan dan ekonomi dalam penanganan covid-19.

Pandemi Covid-19 memukul berbagai aspek kehidupan mulai dari kesehatan hingga perekonomian. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami menilai tak mungkin memenangkan aspek kesehatan dan ekonomi secara bersamaan saat pandemi Covid-19. 

Menurut dia, jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin memprioritaskan kesehatan, maka perekonomian akan terpuruk. Sebaliknya, kasus corona akan terus meningkat jika pemerintah memprioritaskan ekonomi. 

"Kalau orang berharap pandemi beres, ekonominya hebat, saya kira itu hal yang mustahil," kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut dalam wawancara khusus kepada Katadata.co.id, Jumat (4/9).

Menurut dia,  langkah yang dapat diambil untuk menyeimbangkan kedua aspek ini adalah melakukan akrobatik antara kesehatan dan ekonomi dalam penanganan pandemi Covid-19.  Hal tersebut harus dilakukan sembari menunggu adanya vaksin corona yang tengah dikembangkan.

Ia pun mengakui upaya tarik ulur ini menimbulkan banyak kritik. Namun, ia tak mau terbawa oleh keinginan banyak orang tanpa dasar yang jelas. Pandemi virus corona tak dapat dilawan dengan pencitraan atau lobi politik semata. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...