Ekonomi RI Diramal Bisa Tumbuh 4,4% di Tengah Rapuhnya Pemulihan Dunia

Agatha Olivia Victoria
7 Januari 2021, 15:09
bank dunia, pertumbuhan ekonomi, ekonomi global
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Ilustrasi. Bank Dunia memproyeksikan ekonomi global meningkat 4% pada tahun ini dan menurun 3,8% pada tahun 2022.

Bank Dunia memperkirakan pemulihan ekonomi global masih akan rapuh pada tahun ini. Asumsi tersebut menjadi dasar ramalan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,4% pada 2021 dan 4,8% pada 2022.

Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan ekonomi global memasuki pemulihan yang lemah sehingga para pembuat kebijakan menghadapi tantangan yang berat. Untuk mengatasi dampak pandemi dan mengatasi hambatan investasi, perlu ada dorongan besar untuk memperbaiki lingkungan bisnis.

"Selain itu, meningkatkan fleksibilitas tenaga kerja dan pasar produk, serta memperkuat transparansi dan tata kelola." tulis David dalam keterangan resminya, Washington, Selasa (5/1).

Dalam perkiraan dasar, Bank Dunia memproyeksikan ekonomi global meningkat 4% pada tahun ini dan menurun 3,8% pada tahun 2022, terbebani oleh kerusakan abadi pandemi untuk pertumbuhan potensial.

Sejumlah risiko penurunan dapat menggagalkan pemulihan yang diproyeksikan. Risiko tersebut termasuk kemungkinan peningkatan lebih lanjut dalam penyebaran virus corona, keterlambatan pengadaan dan distribusi vaksin, dampak yang lebih parah dan bertahan lebih la dari pandemi, dan tekanan finansial yang dipicu oleh tingkat utang yang tinggi dan pertumbuhan yang lemah.

Membatasi penyebaran virus, memberikan pertolongan bagi populasi yang rentan, dan mengatasi tantangan terkait vaksin adalah prioritas kebijakan utama. Saat krisis mereda, pembuat kebijakan perlu menyeimbangkan risiko dari beban utang yang besar dan terus bertambah yang mulai memperlambat perekonomian melalui pengetatan fiskal yang prematur.

Bank Dunia mengingatkan pentingnya menumbuhkan ketahanan dengan menjaga kesehatan dan pendidikan, memprioritaskan investasi dalam teknologi digital dan infrastruktur hijau, meningkatkan tata kelola, dan meningkatkan transparansi utang. Kerja sama global akan menjadi kunci dalam mengatasi banyak tantangan ini.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...