Kartini-Kartini Game Changer di Era Pandemi

Agatha Olivia Victoria
21 April 2021, 21:19
kartini, perempuan, sri mulyani, pandemi
Youtube/Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengajak para perempuan menjadi pendobrak perubahan untuk memajukan Indonesia meski kini harus berhadapan dengan pandemi. Hal ini disampaikan dalam Talkshow Kartini Pendobrak Perubahan, Rabu (21/4).

Hari Kartini menjadi momen untuk merefleksikan perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah dimulai sejak masa hidup R.A. Kartini. Saat ini, perjuangannya memberikan kesempatan kepada perempuan Indonesia untuk dapat berperan aktif dalam setiap sendi kehidupan termasuk di era pandemi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengajak para perempuan menjadi pendobrak perubahan untuk membangun peradaban dan memajukan Indonesia meski kini harus berhadapan dengan pandemi. "Tradisi seorang Kartini yang luar biasa yaitu menjadi game changer. Pendobrak tapi tetap menggunakan akal, etika dengan argumentasi yang disusun dan melalui cara-cara yang sangat cerdas namun punya tekad determinasi," ujar Sri Mulyani dalam Talk Show Hari Kartini Kemenkeu 2021, Rabu (21/4).

Dia pun menekankan bahwa di mana pun perempuan bekerja dan bidang apapun, semua dapat menjadi pendobrak perubahan. Oleh karena itu, perempuan harus mendapatkan pendidikan yang memadai.

Kartini, menurut dia, sudah menjadi game changer pada masa lampau dalam mengubah persepsi kesetaraan bagi perempuan untuk memperoleh pendidikan dan menyuarakan pendapat. Adapun saat ini, perempuan harus bisa menjadi game changer pembangunan.

"Jangan pernah cari alasan untuk tidak berbuat. Selalu jadi Kartini, jadi game changer. Selalu berikhtiar, menjadi pendobrak, dan membawa perubahan," ujarnya.

Dobrakan antara lain dilakukan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari. Ia memimpin perubahan fungsi Program Kartu Prakerja menjadi jaring pengaman sosial di masa pandemi.

Denni bercerita, pekerjaan yang dilakoninya tak mudah. Apalagi, menurut dia, Presiden Joko Widodo  memerintahkan langsung agar Kartu Prakerja menjadi program semi bansos untuk menolong masyarakat terdampak pandemi yang tidak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Kementerian Sosial.

Di sisi lain, menurut dia, banyak pertanyaan yang muncul di lapangan terkait mengalami prakerja tidak sepenuhnya menjadi program bansos. Pertanyaan muncul karena pelatihan kerja yang diterima dinilai belum dapat digunakan untuk turun ke lapangan saat pandemi.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...