Faktor-faktor Penyebab Ledakan Kasus Covid-19 di Indonesia

Agatha Olivia Victoria
8 Juli 2021, 11:52
faktor penyebab ledakan kasus, ledakan kasus covid-19, varian delta
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Angka kematian akibat kasus Covid-19 di Indonesia terus mencetak rekor baru mencapai 1.040 orang pada Rabu (8/7).

Pemerintah membeberkan faktor-faktor penyebab ledakan kasus Covid-19 di Tanah Air. Kasus baru Covid-19 terus melonjak dan mencetak rekor baru dalam beberapa pekan terakhir membuat rumah sakit-rumah sakit kewalahan dan angka kematian turut meningkat. 

Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Raden Pardede menjelaskan, momentum liburan, yakni libur Lebaran, Kenaikan Isa Al Masih, dan Hari Pancasila menjadi salah satu faktor penyebab kenaikan kasus.  Kondisi ini hampir serupa dengan tahun lalu saat ada kenaikan signifikan kasus pandemi pada libur Lebaran dan Natal.

"Namun, ada faktor kedatangan pekerja migran Indonesia dan masuknya varian baru Delta," kata Raden dalam Webinar Kajian Tengah Tahun INDEF 2021, Rabu (7/7).

Raden menjelaskan, varian Delta masuk ke Tanah Air kemungkinan karena kedatangan pekerja migran Indonesia atau wisatawan India. "Masuknya itu ditengarai lewat pekerja migran Indonesia atau yang datang dari Timur Tengah dan juga ada wisatawan India yang datang ke Indonesia," ujarnya.

Varian Delta,  menurut dia, memiliki daya penularan yang lebih tinggi disertai waktu inkubasi yang lebih cepat. Satu pasien yang terkena varian tersebut tanpa melakukan apa-apa dapat menularkan 117.649 orang dalam 30 hari.

Raden menuturkan, varian Delta saat ini mendominasi kasus Covid-19 di Jabodetabek. Varian tersebut merupakan mutasi virus corona baru yang tidak terduga. "Ini sama sekali sebelumnya tidak kami perhitungkan," kata dia.

Masa inkubasi varian Delta, kata dia, cenderung lebih cepat dari yang lain, yakni empat hari dan daya penularan 5-8 orang. Adapun varian awal Covid-19 yang ditemukan di Wuhan mempunyai masa inkubasi 5-6 hari dan memiliki daya penularan kepada tiga orang.

Dalam 30 hari, varian Wuhan bisa menularkan 729 orang. Sementara varian Alpha memiliki daya inkubasi empat hari dengan daya penularan kepada 4-5 orang dan mencapai 15.625 orang dalam sebulan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...