Singapura Kirim Bantuan Tabung Oksigen hingga Ventilator ke Indonesia

Bantuan tabung oksigen, ventilator, makser, sarung tangan, dan alat pelindung diri dari Singapura tiba di Indonesia pada Jumat (9/6).
Image title
10 Juli 2021, 09:06
tabung oksigen, bantuan dari singapura, lonjakan kasus covid-19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Kasus baru Covid-19 terus mencetak rekor mencapai 38.124 sehingga total kasus mencapai lebih dari 2,45 juta.

Dua pesawat penuh pasokan dan peralatan medis, seperti tabung oksigen, ventilator, masker, sarung tangan, dan alat pelindung diri tiba di Indonesia dari Singapura pada Jumat (9/6). Bantuan ini diberikan pemerintah Singapura untuk membantu Indonesia yang tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Dikutip dari The Staits Times, angkatan Udara Republik Singapura mengangkut perbekalan dan peralatan di atas dua pesawat C-130 yang tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta. Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar menyerahkan bantuan kepada pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia Sigit Widiyanto.

Satu set tabung oksigen terkompresi juga akan dikirim ke Indonesia untuk membantu Indonesia menangani Covid-19. Menteri Pertahanan Ng Eng Hen mengatakan bahwa Tank Kapal Angkatan Laut Republik Singapura akan segera berlayar untuk mengirimkan tabung oksigen karena tidak dapat dikirim perjalanan melalui udara.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan bahwa bantuan ini merupakan solidaritas dalam melawan pandemi.

Advertisement

"Ketika kami harus membangun fasilitas perawatan dengan sangat cepat, Indonesia sangat membantu kami dalam memasok peralatan penting yang kami butuhkan. Jadi sekarang, pada saat mereka membutuhkan, kami berdiri untuk memberikan dukungan," ujarnya.

Ia mengatakan inisitaif yang diatur dalam waktu singkat ini karena hubungan yang erat antara kedua negara. Awal tahun lalu, Singapura juga telah mengirimkan pasokan medis seperti test kit dan peralatan ke Indonesia.

Indonesia sedang menghadapi pertarungan melawan Covid-19. Kasus baru Covid-19 terus mencetak rekor mencapai 38.124 pada Jumat (9/7). Total kasus mencapai lebih dari 2,45 juta. Sebanyak 871 orang meninggal dunia pada kemarin, sehingga total terdapat 64.000 akibat Covid-19.

Pemerintah memproyeksikan kasus harian dapat melampaui 40 ribu dan mungkin mencapai 70 ribu dalam skenario terburuk.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait