Bantuan Oksigen Konsentrator dari Singapura Tiba di Indonesia Hari Ini

Rizky Alika
9 Juli 2021, 14:08
singapura, covid, oksigen
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah warga membawa tabung oksigen yang telah diisi ulang di gerai isi ulang oksigen medis wilayah Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis, (25/6/2021). Bantuan oksigen konsentrator dari Singapura mulai tiba di RI pada Jumat (9/7).

Pemerintah akan mengimpor 10 ribu oksigen konsentrator dari Singapura untuk digunakan pasien Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 unit akan tiba di Indonesia hari Jumat (9/7).

Sebanyak 30 unit konsentrator yang datang hari ini akan dibawa dengan jalur udara. Sementara, sisanya akan dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen.

Advertisement

“30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10.000 unit yang dibeli pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan seperti dikutip dari keterangan pers, Jumat (9/7).

Bersamaan dengan datangnya 30 oksigen tersebut, Pemerintah Singapura juga akan mengirim 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L. Tak hanya itu, Negeri Singa akan mengirim bantuan untuk Kementerian Pertahanan berupa alat-alat pelindung kesehatan yakni 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator, masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah/APD.

Di luar itu, pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan. “Jadi bukan hanya bantuan/ donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah,” kata Luhut.

Selain itu bantuan 1.000 ventilator dari Australia juga dijadwalkan hadir pada hari ini. Sedangkan bantuan 250 ribu vaksin Sinopharm dari Uni Emirat Arab dijadwalkan datang pada minggu depan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement