Pemerintah Kejar Vaksinasi Covid-19 di Papua Jelang PON pada Oktober

Rizky Alika
10 Agustus 2021, 06:00
vaksinasi, covid-19, percepatan vaksinasi, papua, PON
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo meminta vaksinasi Covid-19 pada tujuh wilayah aglomerasi di Jawa dan Bali dapat mencakup 70% total penduduk pada akhir September.

Pemerintah mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di sejumlah kabupaten/kota Papua menjelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, peningkatan vaksinasi akan dilakukan di lima kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika. Pemerintah pun telah menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri terkait vaksinasi tersebut.

Advertisement

"Segera vaksinasi lengkap sebelum akhir September untuk persiapan PON Papua," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (9/8).

Selain itu, menurut Budi, Presiden Joko Widodo meminta vaksinasi Covid-19 pada tujuh wilayah aglomerasi di Jawa dan Bali dapat mencakup 70% total penduduk pada akhir September.

Kemudian, 45 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali akan menjadi prioritas vaksinasi Covid-19. "Akan jadi prioritas kita untuk mendapat tambahan vaksin karena kasus konfirmasinya tinggi," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia akan menerima 77,5 juta dosis yang tiba pada Agustus. Kementerian Kesehatan pun telah menyiapkan rencana distribusi vaksin tersebut.

Vaksin akan diberikan untuk 45 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 dan 4 kabupaten/kota di Papua. Total vaksin yang akan dikirim sebanyak 10,62 juta pada 9 atau 10 Agustus.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement